CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Manfaat Tidur Siang untuk Semua Umur

By Isny Dewi R

05 November 2020

Tidur siang bukan hanya untuk bayi, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga bagus untuk orang dewasa.

Photo source: Pexels
 
 
Tidur siang bukan hanya untuk bayi, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga bagus untuk orang dewasa. Tidak perlu merasa khawatir untuk memanjakan diri dengan tidur siang. Tidur siang singkat ternyata membawa manfaat yang dapat meningkatkan daya ingat, hingga mengurangi stres. Melansir WebMD, berikut manfaat tidur siang yang perlu Anda tahu.
 
1. Meningkatkan Daya Ingat Anda
Penelitian menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari hingga tidur malam yang nyenyak. Tidur siang berfungsi agar Anda tidak melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi, dan ingatan verbal.
 
2. Menghubungkan Suatu Hal Lebih Mudah
Tidur siang tidak hanya membantu Anda mengingat hal-hal yang baru saja Anda pelajari, tetapi juga membantu otak Anda menarik hubungan antara hal-hal yang Anda temukan. Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur siang akan merasa lebih mudah untuk mengumpulkan informasi yang mereka peroleh pada hari sebelumnya.
 
3. Meningkatkan Mood Anda
Jika Anda merasa sedih, cobalah tidur siang untuk mengangkat semangat Anda. Tidur siang, atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan Anda. Para ahli mengatakan relaksasi yang berasal dari berbaring dan istirahat adalah pendorong suasana hati, baik Anda tertidur atau pun tidak.
 
4. Tidur Siang Singkat Mendatangkan Manfaat Besar
Tidur siang sesingkat 10 menit pun bisa bermanfaat, tetapi usahakan tidur siang hingga 30 menit atau kurang agar Anda tidak bangun dengan perasaan lebih lelah. Rasa pusing yang bisa Anda rasakan setelah tidur siang disebut inersia tidur. Semakin lama Anda tidur siang, semakin besar kemungkinan Anda merasakannya.
 
5. Baik untuk Kesehatan Jantung
Tidur siang bahkan dapat membantu detak jantung Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit mengalami penurunan tekanan darah setelah mengalami tekanan mental. Jadi tidur siang dapat membantu tubuh Anda pulih dari situasi yang penuh tekanan.
 
6. Membuat Anda Lebih Kreatif
Pernah bangun dengan ide bagus? Tidur REM (tidur dengan gerak mata cepat), yang biasanya dimulai 70 hingga 90 menit setelah Anda tertidur, mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan perumpamaan dan mimpi. Tidur siang dengan tidur REM dapat membantu Anda menggabungkan ide dengan cara baru untuk mendapatkan jawaban.

Share this article?

MUST SEE