CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Manfaatkan TikTok untuk Promosi Bisnis, Begini Caranya

By Eskanisa R

21 October 2020

Gaet lebih banyak calon pelanggan dengan cara ini.

Sumber foto: Pixabay
 
Aplikasi yang kian mendunia ini sebelumnya dikenal dengan nama Douyin. Setelah melakukan ekspansi dengan nama yang lebih ‘menjual’, TikTok, digandrungi ratusan juta pengguna aktif dari berbagai belahan dunia. 
 
Sesuai dengan misinya, TikTok mendorong setiap pengguna untuk aktif berkreasi melalui video pendek berdurasi 15 detik. Tidak mengherankan jika Anda bisa menemukan konten yang sangat beragam di dalamnya. Mulai dari konten menyanyi, lip sync, tutorial makeup, menari, hingga resep makanan.
 
Tidak mengherankan jika dunia marketing daring mulai melirik aplikasi ini untuk meningkatkan brand awareness. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk memanfaatkan TikTok sebagai media promosi?

1. Karakter Pengguna
Meski dapat membantu meningkatkan brand awareness, namun Anda perlu memastikan apakah produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan pengguna TikTok secara luas? Hingga saat ini, TikTok didominasi oleh pengguna produktif dengan rentang usia 16 – 24 tahun.

2. Hashtag
TikTok sangat bergantung pada hashtag. Untuk promosi dan meningkatkan penjualan, Anda wajib menyertakan hashtag. Namun, Anda harus pintar dalam memilih hashtag, sebab hashtag populer atau terlalu umum justru akan membuat konten Anda mudah ‘terkubur’.
 
Pilih hashtag yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, pastikan selalu menyertakan hashtag #fyp agar konten Anda muncul di halaman depan, dan jangan menggunakan terlalu banyak hashtag seperti di Instagram.

3. Kreatif
Untuk memperluas penyebaran konten, siapkan setidaknya dua konten (video) setiap hari dengan topik dan hastag yang beragam namun tetap relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Manfaatkan fitur Effects yang disediakan oleh TikTok, mulai dari yang trending, editing, beauty, interactive dan lain sebagainya agar video promosi Anda lebih menarik.
 
Dengan batas durasi maksimal 60 detik, buat video menarik dengan deskripsi singkat dan jelas agar konten yang Anda buat dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna lain. Selain itu, bangun percakapan dengan calon konsumen di kolom komentar. Semakin banyak interaksi yang dilakukan, maka semakin baik citra bisnis Anda.

Share this article?

MUST SEE