CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Martabak Favorit di Bogor yang Masaknya Masih Menggunakan Arang

By Eskanisa R

28 January 2021

Mulai dari Rp 40.000-an, awet sampai 3 hari setelah pembelian.


Istilah comfort food mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Comfort food sendiri merujuk pada makanan yang diolah secara tradisional dan memberikan perasaan nyaman bagi yang menyantap.
 
Nah, salah satu comfort food yang banyak disukai orang Indonesia adalah martabak. Makanan yang biasanya jadi kudapan malam ini dibedakan menjadi dua jenis, yakni martabak Bangka dan Bandung. Melansir kumparan.com, perbedaan keduanya terletak pada adonan. Martabak Bangka cenderung lebih tebal dan berongga dengan adonan yang lebih mengembang, sementara martabak Bandung lebih tipis dan padat.
 
Jika kebetulan akhir pekan ini Anda mengunjungi kota Bogor, berikut tiga martabak enak yang patut Anda cicipi.

1. Martabak Bangka Afo

Sudah berjualan sejak tahun 1978, martabak Bangka legendaris ini berada di kawasan pecinan Suryakencana, Bogor. Menurut sang pemilik, Koh Afo, dirinya tidak pernah mengubah resep, menu, dan cara membuatnya martabak selama lebih dari 40 tahun berjualan.
 
Martabak Bangka Afo hanya menjual martabak manis klasik seperti cokelat, kacang, keju, wijen dan/atau campuran keempatnya. Tak hanya itu, proses pembuatannya terbilang masih tradisional, yakni menggunakan (tungku) arang.
 
Karena menggunakan arang, aroma Martabak Bangka Afo pun jauh lebih harum dibanding yang dimasak menggunakan kompor gas. Untuk memastikan potongan akhir martabak lebih legit, kedai martabak ini menggunakan Wijsman, concentrated butter yang mengandung lemak susu sehingga rasanya lebih gurih.
 
Dengan merogoh kocek sekitar Rp 70.000, Anda bisa menikmati martabak dengan tekstur empuk dan lembut, isian padat dengan rasa gurih dan manis. Meski tanpa bahan pengawet, martabak ini bisa bertahan sampai tiga hari (suhu ruangan) atau lebih lama jika disimpan di dalam kulkas.
 
Martabak Bangka Afo
Alamat: Jalan Suryakencana No. 232, Pasar Babakan, Bogor Tengah
Jam buka: 16:00 - habis
Telp: 08568200648

2. Martabak Encek


Sumber foto: GoTravelly

Tidak jauh dari Martabak Bangka Afo, ada Martabak Encek yang berlokasi di Gang Aut dan sama-sama merupakan kedai martabak legendaris di Bogor. Sejak tahun 1975, Martabak Encek ikut meramaikan kuliner di Bogor. Pembelinya pun tak hanya datang dari Bogor, namun juga dari luar kota, yang sabar mengantre bahkan sebelum buka. Tidak jarang Martabak Encek ludes terjual dalam waktu tiga jam.
 
Sejak pertama kali berjualan, sang pemilik, Encek memasak martabaknya menggunakan (tungku) arang sehingga meski dimakan keesokan hari, tekstur martabaknya tetap empuk dan lembut. Di samping itu, aroma khas arang membuat martabaknya semakin mengguggah selera.
 
Dengan merogoh kocek mulai Rp 40.000, Anda bisa mencicipi satu loyang martabak manis klasik seperti cokelat, kacang, wijen dan keju.
 
Martabak Encek
Alamat: Jalan Suryakencana No. 289, Bogor (seberang Gang Aut)
Jam buka: 14:00 - habis

3. Martabak Aphin 288

 

Sumber foto: Qraved
Terakhir, martabak manis yang juga dimasak dengan arang adalah Martabak Aphin 288, yang nyentrik dengan warna gerobak kuning merah mencolok. Pilihan pugasan martabak di sini lebih banyak dan kekinian, mulai dari kacang, keju, cokelat, nangka, durian, pisang, Tobleron, hingga Nutella.
 
Kedai yang buka sejak tahun 1983 ini juga selalu ramai pembeli. Sebab, di samping menggunakan arang, sang pemilik, koh Aphin juga mempunyai resep yang berbeda pada adonannya. Adonan terlebih dahulu difermentasi kemudian ditambahkan telur dan diaduk sehingga menghasilkan tekstur martabak yang berserat.
 
Selain martabak manis, di sini Anda juga bisa mencicipi martabak telur yang tersedia dalam tiga pilihan, biasa (dua telur), spesial (tiga telur), dan super (lima telur). Anda bisa memilih menggunakan telur ayam atau bebek.
 
Martabak Aphin 288
Alamat: Jalan Raya Padjadjaran No. 19, Sukasari, Bogor
Telp: 08128687026

Share this article?

MUST SEE