CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Masjid Amir Hamzah, Tempat Beribadah dan Bertukar Pikiran Para Seniman

By Isny Dewi R

19 July 2020

Selain sebagai tempat beribadah, Masjid Amir Hamzah juga dapat digunakan sebagai tempat bertukar pikiran dari para seniman, baik seniman Tanah Air maupun internasional.

Photo source: Instagram @aniesbaswedan
 
 
Pada Jumat (3/7) lalu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Masjid Amir Hamzah yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat. Peresmian masjid tersebut sekaligus menandai tepat satu tahun progres revitalisasi Taman Ismail Marzuki. Peresmian ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
 
"Alhamdulillah. Di hari yang mulia, di hari Jumat, kita memulai pemanfaatan gedung yang sudah selesai dikerjakan oleh Jakpro selama 1 tahun terakhir ini. Kita semua bersyukur bahwa semua yang ditargetkan, amanat yang dititipkan bisa dijalankan dengan baik. Dan salah satu bagian dari proses revitalisasi pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, adalah pembangunan kembali Masjid Amir Hamzah," ungkap Anies dalam sambutannya.
 
Masjid Amir Hamzah diharapkan dapat menjadi bagian dari ekosistem yang sehat untuk menampilkan berbagai macam karya, dengan pertumbuhan dan perkembangan ide/gagasan dari para seniman. Selain sebagai tempat beribadah, Masjid Amir Hamzah juga dapat digunakan sebagai tempat bertukar pikiran dari para seniman, baik seniman Tanah Air maupun internasional.

Photo source: Instagram @aniesbaswedan
 
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Muhammad Jusuf Kalla juga menyatakan Masjid Amir Hamzah dapat menunjukkan semangat gerakan masyarakat yang memakmurkan masjidnya dan sebaliknya, masjid yang memakmurkan masyarakat di sekitarnya. JK juga berharap agar para seniman dapat memanfaatkan masjid ini sebagai sarana untuk melahirkan karya-karya terbaik di masa depan.
 
"Masjid, apalagi berada di daerah TIM ini, daerah para seniman kita yang seniman itu kan tujuannya adalah memperhalus hati dan mengekspresikan sesuatu dengan sangat baik. Kepada seniman tentu kita harapkan memanfaatkan, memakmurkan masjid dengan cara yang berbeda-beda," terang JK.
 
Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid, Amir Hamzah Eko Wahyu Wibowo menyampaikan rasa syukurnya atas peresmian Masjid Amir Hamzah yang telah dinantikan selama tujuh tahun, sejak 2013. Eko menyampaikan harapannya agar kehadiran masjid Amir Hamzah yang baru dapat diisi dengan berbagai aktivitas dan melahirkan seniman baru.
 
“Masjid Amir Hamzah ini bukan semata sebagai tempat untuk sekadar ibadah. Tetapi di dalam sejarah juga sebagai tempat ilmuwan muslim bertukar pikiran, dan para seniman muslim juga pernah berkarya di sini, dan lain sebagainya. Semoga dengan masjid yang baru ini, kiprahnya akan lebih di bidang amaliyah, ubudiyah, maupun di ibadah nanti," ucap Eko.

Share this article?

MUST SEE