CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Mau Jalan-jalan ke Kalijodo? Naik Bus Wisata Saja!

By Isny Dewi R

28 February 2020

Sejak tahun 2014, Pemprov DKI Jakarta menyediakan bus wisata gratis untuk warga dan wisatawan yang ingin mengelilingi kota Jakarta.

Anda mungkin sudah sering melihat bus tingkat berseliweran di Jakarta, tapi pernah kah Anda menaikinya? Kalau belum, maka Anda harus sempatkan waktu naik bus wisata satu ini saat libur akhir pekan.

Sejak tahun 2014, Pemerintah Pemprov (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan bus wisata gratis atau yang dulu dikenal sebagai City Tour untuk warga dan wisatawan yang ingin mengelilingi kota Jakarta. Bus wisata dengan model tingkat ini memiliki kapasitas 60 penumpang dengan fasilitas AC dan pemandu wisata di dalamnya.

Bus wisata ini terbagi menjadi tujuh rute, antara lain BW1 (History of Jakata), BW2 (Jakarta Modern), BW3 (Art and Culinary), BW 4 (Jakarta Skyscrapers), BW5 (Jakarta Open Space), BW6 (Jakarta Heritage), dan BW7 (Jakarta Shopping).

Jika Anda ingin mengunjungi salah satu ruang terbuka yang sangat populer di Jakarta, Kalijodo, maka BW5 adalah bus yang harus Anda naiki. Untuk menaiki BW5, Anda bisa menunggu di halte depan Balai Kota Jakarta dengan plang berwarna biru bertuliskan “Bus Tour”.


Picture source: transjakarta.co.id

Sebelum mengantarkan Anda menuju Kalijodo, bus ini akan berhenti di halte Sarinah, dan Tosari, Anda juga bisa menaiki BW5 dari dua halte tersebut. Bus lalu, akan melewati Semanggi dan masuk tol Slipi 1.

Bus wisata ini sangat nyaman dinaiki karena selain kursinya yang empuk, AC-nya yang dingin, supir busnya juga mengemudi dengan kecepatan sedang, sehingga Anda bisa  menikmati pemandangan kota Jakarta selama perjalanan.

Selain itu, demi kenyamanan para penumpang, karena merupakan bus wisata, penumpang tidak diperbolehkan berdiri. Jadi, jika semua kursi sudah terisi, maka penumpang yang tidak kebagian kursi tidak dapat menaiki bus tersebut, dan harus menunggu bus berikutnya.

Waktu perjalanan dari balai kota ke Kalijodo memakan waktu sekitar satu jam, itu pun tidak terasa lama karena suasana di dalam bus sangat nyaman. Kebanyakan penumpang BW5 (Jakarta Open Space) merupakan masyarakat dari luar kota dan masyarakat yang belum pernah ke Kalijodo dan ingin tahu seperti apa Kalijodo sekarang.

Nah, jika Anda tertarik berkunjung ke Kalijodo menggunakan BW5, bus ini hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 11.00 – 19.00 WIB. Bus ini juga akan mengantar Anda kembali ke balai kota, jadi, tidak perlu bingung bagaimana pulangnya.

Top photo credit: Instagram @pt_transjakarta

Share this article?

MUST SEE