CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Mengapa Harus Tetap Rapi Saat Work From Home?

By Eskanisa R

20 September 2020

Ternyata bisa bantu tingkatkan fokus dan produktivitas.

Sumber foto: Pixabay

Sudah satu minggu berlalu sejak pembatasan sosial berskala besar diberlakukan kembali. Kebijakan ini membuat banyak pekerja harus beralih dengan bekerja dari rumah. Meski bisa dilakukan tanpa harus tampil rapi selayaknya berangkat ke kantor, nyatanya hal tersebut berpengaruh pada produktivitas kerja.
 
Melansir Forbes, Dr. Karen Pine seorang psikolog di University of Hertfordshire, Inggris mengatakan bahwa pakaian yang dikenakan memiliki makna. Dr. Pine mengungkapkan bahwa pakaian memiliki makna simbolis, yang membuat otak seseorang bertindak sesuai makna yang diberikan pada pakaian tersebut saat dikenakan.
 
Berpakaian rapi juga merupakan salah satu etika work from home untuk membantu melatih mindset bahwa Anda sedang bekerja meski dari rumah. Aktivitas sederhana ini termasuk mandi dan sarapan sebelum memulai pekerjaan membantu Anda fokus sekaligus produktif.
 
Pakaian kerja yang Anda kenakan saat bekerja di rumah juga menjadi bentuk komunikasi pada anggota keluarga lain bahwa Anda sedang bekerja dan tidak meladeni distraksi lain (tidak ingin diganggu), melansir Ladders. Dengan kata lain, Anda bisa memberi pengertian pada anak atau anggota keluarga lain di rumah bahwa meski bekerja di rumah Anda harus fokus.
 
Apalagi jika harus melakukan video call, tentu perlu tampil segar. Meski mengenakan riasan wajah merupakan preferensi pribadi, namun kita harus melatih diri untuk presentable seolah-olah atasan akan menghubungi kapan pun. Hal tersebut dianggap bisa memengaruhi kredibilitas sebagai seorang pekerja.
 

Share this article?

MUST SEE