CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Mengelola Keuangan di Kuartal Pertama 2021 Agar Dapat Bertahan Selama Pandemi

By Eskanisa R

20 January 2021

Bijak mengatur pengeluaran untuk bisa bertahan dalam kondisi sulit.

Sumber foto: shutterstock

Tak dapat dipungkiri, waktu terasa begitu cepat berlalu. Januari sudah mau habis, artinya akan memasuki bulan baru di 2021. Awal tahun seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk memikirkan kondisi keuangan, mengingat pandemi yang belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Dengan langkah yang tepat, Anda bisa bertahan dan menyisihkan sedikit untuk ditabung. Berikut tips mengelola keuangan di awal tahun agar dapat bertahan selama pandemi.

1. Buat Rencana Pengeluaran
Rencana pengeluaran membantu mengontrol keinginan dalam membelanjakan uang yang Anda miliki. Mulai dengan mencatat semua sumber penghasilan. Bagi wiraswasta atau memiliki sumber pendapatan tambahan, pastikan untuk mencatatnya.

2. Buat Daftar Kebutuhan
Selanjutnya, buat daftar semua pengeluaran pokok selama satu bulan, termasuk pembayaran utang (jika ada), listrik, air, internet, bahan makanan atau semua yang Anda habiskan untuk kebutuhan hidup selama satu bulan.

3. Catat Semua Pengeluaran
Kemudian, catat seluruh pengeluaran yang Anda lakukan selama satu bulan penuh. Lakukan setiap hari atau setiap Anda mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu (kebutuhan). Memang sedikit merepotkan, namun dengan begitu, Anda memiliki gambaran di pos-pos mana saja uang Anda paling dibutuhkan dan tidak.

4. Menyimpan Uang
Di tengah kondisi yang serba tidak pasti seperti sekarang ini, tabungan sekecil apapun sangat berguna. Gunakan uang yang Anda kumpulkan sedikit demi sedikit sebagai dana darurat. Sesuai dengan namanya, dana darurat hanya dikeluarkan pada saat keadaan genting seperti terkena PHK, keluarga sakit, atau keadaan lain yang mengharuskan Anda mengeluarkan cukup banyak uang.

5. Tingkatkan Penghasilan
Freelance merupakan cara cepat dan mudah meningkatkan penghasilan Anda selama pandemi ini. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan khusus yang Anda miliki. Selalu up to date dengan tren yang berkembang saat ini sesuai dengan subjek yang Anda jalani. Dengan begitu Anda bisa mengetahui topik menarik untuk ditawarkan ke klien.

Share this article?

MUST SEE