CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Mengenal Edible Flower, Bunga yang Bisa Dimakan

By Isny Dewi R

14 September 2020

Selain dapat menambah estetika pada hidangan yang disajikan, edible flower juga dapat menghasilkan tambahan rasa yang berbeda.

Photo source: Pixabay
 
 
Pernahkah Anda melihat bunga cantik berwarna-warni yang tersaji di atas piring makanan? Bunga-bunga tersebut merupakan edible flower, yaitu bunga yang bisa dimakan. Penggunaan bunga jenis ini dalam dunia kuliner sendiri sudah dilakukan sejak lama. Selain dapat menambah estetika pada hidangan yang disajikan, edible flower juga dapat menghasilkan tambahan rasa yang berbeda.
 
Ada banyak edible flower yang tumbuh di Indonesia. Dihimpun dari berbagai sumber, lima di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini, lengkap dengan karakter rasa serta penggunaannya pada berbagai macam sajian.
 
1. Geranium (Geranium Pelargonium)
Jenis edible flower ini ada yang berwarna merah, peach, dan merah muda. Geranium paling pas digunakan untuk kudapan manis seperti sorbet, es krim, maupun aneka dessert lainnya. Bunga ini memiliki sedikit aroma mawar, lemon, dan pala. Selain itu, rasanya juga sangat lembut. Untuk Geranium, yang bisa dikonsumsi hanya bunganya saja, sementara batangnya tidak dapat dikonsumsi.
 
2. Borage (Borago Officinalis)
Bunga ini umumnya berwarna biru dan merah muda. Borage memiliki karakter rasa antara mint dan ketimun. Bunga ini juga sering disebut star flower karena bentuknya mirip bintang. Borage sangat pas digunakan sebagai campuran makanan gurih seperti seafood.
 
3. Nasturtium (Tropafolum Majus)
Selain bunganya, daun Nasturtium juga dapat dimakan karena rasanya sama, agak pedas seperti merica. Bunga ini biasanya digunakan sebagai garnish atau dimasak bersama pasta. Ada beberapa chef yang mencampurkannya dengan minyak tumbuhan untuk kemudian dibuat menjadi nasturtium infused oil. Ada juga yang menggunakan daunnya untuk diolah menjadi pesto.
 
Photo source: Pixabay
 
4. Dahlia Pompone
Rasa bunga ini bervariasi, ada yang terasa seperti apel, water chestnut, hingga wortel. Penggunaannya pun tergolong fleksibel, bisa diolah menjadi appetizer hingga dessert. Bahkan bisa juga untuk campuran minuman dan koktail, serta untuk hiasan puding dan kue pernikahan.
 
Dahlia Pompone sendiri ada yang berukuran kecil dan sangat besar. Untuk yang besar, hanya bagian petalnya saja yang bisa digunakan. Sementara yang biasa digunakan untuk kue pernikahan bisa digunakan seutuhnya. Selain itu, bunga ini juga sangat cantik jika dijadikan es batu. Hampir semua jenis edible flower memang cocok dibuat menjadi es batu.
 
5. French Marigold (Tagetes Patula)
Tak hanya bunganya, daun dan kuncup French Marigold juga bisa dikonsumsi. Sering kali bunga ini dijadikan sebagai alternatif untuk hidangan yang membutuhkan rasa dan aroma saffron karena memang cukup mirip. Selain itu, French Marigold juga sering digunakan untuk makanan asin, sup, dan salad.
 
Photo source: Pixabay

Share this article?

MUST SEE