CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Mengenal Tipe Kepribadian Introver Menurut MBTI

By Eskanisa R

26 November 2020

Which personality type you truly belong to?

Sumber foto: Pixabay

Pernah mendengar istilah tes MBTI? Meyers-Briggs Type Indicator (MBTI) test merupakan tes yang paling sering digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang terutama untuk keperluan pekerjaan dengan tujuan agar setiap orang bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kepribadiannya.
 
Jika selama ini kebanyakan dari kita menganggap bahwa kepribadian hanya ada dua, introver dan ekstrover saja, maka dengan adanya tes MBTI kita bisa mengetahui lebih banyak lagi kepribadian seseorang.
 
Tes MBTI yang dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers merujuk pada jenis kepribadian yang diungkapkan oleh Carl Gustav Jung dalam bukunya, Psychological Types. Jung berpendapat bahwa ada empat fungsi psikologis utama, yakni sensasi, intuisi, perasaan, dan pemikian yang digunakan manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari.
 
Dari keempat fungsi tersebut, terbentuklah 16 tipe kepribadian, yakni ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ, dan ENTJ. Delapan di antaranya merupakan karakter introver seperti berikut ini. 

1. ISTJ
Sosok ini dikenal memiliki fokus yang baik sehingga setia mengikuti aturan yang sudah dibuat tanpa ada keinginan untuk melanggar atau bahkan sedikit fleksibel. Karena fokus, seorang ISTJ bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lancar.

2. ISFJ
Meski tampak pendiam, namun ternyata sosok ini merupakan pengamat yang baik. Ketelitiannya berhasil menciptakan lingkungan yang teratur, baik di rumah maupun di tempat kerja. Selain itu, sosok ISFJ juga tak segan membela dan melindungi orang-orang yang ia cintai.

3. INFJ
Sosok yang sangat peka terhadap perasaan orang lain ini ternyata cukup idealis untuk mewujudkan ide yang mereka miliki. Meski terkesan lemah lembut, mereka memiliki tekad yang kuat dan tidak kenal lelah dalam mewujudkan impian agar bisa meninggalkan dampak positif bagi orang-orang di sekitarnya.

4. INTJ
Tidak suka basa-basi, sosok ini terkadang sulit untuk didekati. Selain itu, sosok INTJ terkenal sangat logis, analitis, dan kreatif.

5. ISTP
Dikenal sangat mandiri, sosok yang terbilang pendiam ini ternyata cukup ramah dan mudah berteman dengan orang-orang baru di sekitarnya.

6. ISFP
Sosok yang juga pendiam ini suka bereksplorasi dan bereksperimen untuk menciptakan sesuatu yang bisa memengaruhi perasaan orang di sekitarnya. Lana del Rey, Frida Kahlo, dan mendiang Michael Jackson merupakan sosok yang memiliki kepribadian ISFP. Tidak mengherankan bagaimana karya mereka menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang.

7. INFP
Satu lagi sosok idealis sejati yang bercita-cita menciptakan dunia yang lebih baik. Menjalani hidup berdasarkan prinsip dan keahlian yang dimiliki. Sosok INFP juga kerap berkomunikasi menggunakan perumpaan, tidak heran jika kebanyakan INFP merupakan penulis seperti William Shakespeare.

8. INTP
Saking kreatifnya, mereka bisa berpikir out of the box. Diam bukan berarti melamun, melainkan menikmati proses pikiran mereka yang ternyata terus berjalan.
 

Share this article?

MUST SEE