CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Mengenal Voice Over, Profesi yang Sedang Naik Daun

By Eskanisa R

27 October 2020

Tertarik mencoba?

Sumber foto: Pixabay
 
Pernah melihat video voice over-nya salah satu penerbangan Indonesia yang sempat viral di Twitter? Nah, melansir Voices, voice over atau yang juga dikenal dengan sebutan sulih suara merupakan teknik produksi di mana suara digunakan dalam radio, televisi, pembuatan film, teater atau presentasi lain.
 
Singkatnya, sulih suara digunakan untuk menjelaskan sebuah video singkat. Secara umum, seorang pengisi suara bertugas untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada pendengar dengan artikulasi, intonasi, dan emosi yang jelas agar pendengar merasa tertarik.
 
Voice over yang digunakan untuk mengisi suara pada tokoh yang ada di dalam sebuah iklan sangat dipengaruhi oleh tipe suara. Itulah sebabnya, mereka yang sedang mencari voice over akan mencari suara yang pas dengan karakter yang akan ditampilkan.
 
Selain itu, melansir Glints, seorang pengisi suara harus memiliki kemampuan berbicara yang baik termasuk mengucapkan kata-kata dengan jelas, intonasi yang tepat, tempo dan karakterisasi suara, agar pesan atau informasi yang disuarakan terasa lebih hidup.
 
Peluang pekerjaan voice over sendiri terbilang cukup banyak, namun proses belajar menjadi pengisi suara tidak sebentar. Untuk dapat menghasilkan suara yang berkarakter dengan intonasi dan tone yang juga beragam, tentu membutuhkan proses dan latihan rutin.
 
Dengan bermodalkan alat rekam seperti ponsel dan mikrofon saja, seseorang sudah bisa berlatih untuk menjadi pengisi suara. Bagi yang ingin berkarier menjadi pengisi suara, mulai latihan dari sekarang, ya!
 

Share this article?

MUST SEE