CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Mengintip Gaharnya Spesifikasi PlayStation 5

By Eskanisa R

28 June 2020

Gim konsol terbaru besutan Sony ini punya segudang spesifikasi mumpuni.

Sumber foto: Sony
 
Perusahaan konsol gim asal Jepang, Sony, siap merilis besutan terbarunya, PlayStation 5 (PS5) yang digadang-gadang memiliki sejumlah peningkatan terutama dari segi hardware dibanding pendahulunya, PlayStation 4 (PS4).
 
Dengan mengandalkan 8 prosesor AMD Zen 2, PS5 diketahui memiliki inti CPU berkecepatan 3,5 GHz yang tentu lebih tinggi dibanding PS4 yang hanya ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz.
 
Kapasitas RAM PS5 pun dua kali lebih besar dibanding PS4, yakni 16 GB. Media penyimpanan yang semula menggunakan Hard Disk Drive (HDD), kini beralih menjadi Solid State Drive (SDD) sebesar 825 GB dengan kinerja 5,5 GB/s. Bahkan kapasitas tersebut masih bisa diperluas dengan SSD tambahan. Dengan kata lain, loading game bisa lebih singkat, sekitar 2,7 detik saja untuk memuat sebuah gim.
 
Ada pula drive USB sebagai fitur kompatibilitas gim-gim PS4, sehingga tidak perlu khawatir kehilangan gim favorit meski mengganti konsol baru. Selain itu, PS5 juga siap memanjakan pencinta gim dengan resolusi gambar hingga 8K, fitur virtual reality (VR), dan kemampuan membaca gim dari piringan Blue-ray (melalui proses instalasi ke SSD).
 
Soal harga, hingga saat ini pihak Sony belum membeberkannya. Namun diperkirakan akan dibanderol sekitar 499 dolar Amerika atau setara dengan Rp 7 juta.

Share this article?

MUST SEE