CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Mengintip Keindahan Pulau Terluar Jakarta

By Eskanisa R

03 September 2020

Really worth the long travel!

Sumber foto: Adhiari_IS
 
Ingin menghabiskan libur akhir pekan dengan snorkelling atau sekadar memancing? Pulau Sebira bisa jadi alternatif. Wisata bahari di wilayah Utara terluar kota Jakarta ini bisa ditempuh menggunakan kapal tradisional dari Muara Kamal atau Angke minimal 8 sampai 9 jam perjalanan.
 
Karena letaknya paling luar dari gugusan Kepulauan Seribu, Pulau Sebira atau yang juga dikenal dengan nama Pulau Jaga Utara ini justru lebih dekat dengan Way Kambas, Provinsi Lampung.
 
Sesampainya di pulau ini, Anda bisa melihat menara mercusuar dengan ketinggian mencapai 48 meter yang masih berdiri tegak sejak dibangun pada masa pemerintahan Belanda. Mengingat ikan seperti selar, tembang, dan tenggiri merupakan komoditas utama di pulau ini, jangan heran jika di sudut-sudut pulau berdapat tiang-tiang untuk menjemur ikan yang nantinya diolah menjadi berbagai sajian seperti abon, kerupuk, pempek dan siomay.
 
Pemandangan bawah lautnya terbilang bagus, terumbu karangnya memang bukan yang terbaik di Kepulauan Seribu, namun tidak ada ubur-ubur dan bulu babi sama sekali sehingga aman untuk penyelam pemula. Melansir backpackerjakarta, di kedalaman hingga 25 meter terdapat bangkai kapai karam berbendera VOC. 
 
Puas menyelam, Anda bisa melanjutkan hari dengan menikmati pemandangan matahari terbenam dari atas mercusuar. Hati-hati saat menyusuri anak tangga di dalam mercusuar, ya. Di sini, Anda bisa bermalam di rumah penduduk dengan kisaran harga 400 ribuan.

Share this article?

Place/Address:

Pulau Sebira
Kepulauan Seribu Utara

MUST SEE