CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Menyambut Ramadan, Ini 3 Peluang Bisnis Menguntungkan yang Bisa Anda Coba

By Eskanisa R

15 March 2020

Peluang bisnis menguntungkan di bulan Ramadan.

Tidak terasa, bulan Ramadan sudah di depan mata, kurang lebih 38 hari lagi umat muslim akan dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh keberkahan. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan menjajal setidaknya tiga peluang bisnis yang dianggap cukup menjanjikan dan menguntungkan untuk menambah pundi-pundi rupiah sampai menjelang hari raya nanti.

1. Perlengkapan Ibadah

Tidak dapat dipungkiri jika selama bulan Ramadan, masjid maupun musala akan dipenuhi oleh umat muslim yang sangat giat melaksanakan ibadah. Minat yang besar tersebut ternyata juga mempengaruhi mereka untuk membeli perlengkapan ibadah, baik digunakan sendiri maupun disumbangkan pada pihak yang membutuhkan.

Anda bisa menjual berbagai perlengkapan ibadah mulai dari mukena, sajadah, baju koko, sarung, peci hingga tasbih selama bulan Ramadan. Gunakan trik pemasaran dari mulut-ke-mulut terutama saat salat tarawih hingga promosi di media sosial.

2. Busana Muslim

Selain perlengkapan ibadah baru, pakaian baru menjadi tradisi menjelang hari raya. Busana muslim untuk hari raya mulai biasanya mulai dicari di pertengahan Ramadan terutama oleh ibu-ibu yang ingin keluarganya tampil fresh dan matching dengan pakaian baru.

Modal yang diperlukan memang tidak sedikit, namun Anda bisa mengakalinya dengan menjadi dropshipper. Sebagai contoh, Anda memilih aplikasi Shopee untuk menawarkan beragam koleksi busana muslim. Fitur dropshipper pada Shopee memungkinkan Anda untuk membeli produk (di Shopee) dan menjual kembali atas nama penjual yang menggunakan fitur tersebut. Produk yang dibeli dari Shopee akan dikirimkan langsung ke pembeli.

3. Parsel

Bisnis ini cocok bagi Anda yang gemar berlama-lama di swalayan untuk membandingkan harga barang sekaligus yang kreatif. Di bulan Ramadan dan hari raya, parsel kerap digunakan sebagai media silaturahmi. Biasanya, parsel dikirimkan kepada keluarga, rekan kerja, atasan dan teman dekat.

Parsel dibuat se-kreatif mungkin, mulai dari bentuk, komposisi warna (barang) yang ditampilkan hingga ukuran. Di sini, Anda bisa membuat berbagai jenis parsel dengan harga berbeda, misal parsel hemat mulai dari Rp150.000 hingga Rp1.000.000. Pilih isian (barang) yang menarik dan sudah pasti bermanfaat bagi si penerima. Jangan malas membandingkan harga dari satu swalayan ke swalayan lain untuk mendapatkan untung yang lebih maksimal. Jangan lupa juga menyematkan ucapan agar lebih berkesan. Selamat mencoba!

Share this article?

MUST SEE