CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Mudahnya Check-in Penerbangan dengan Indonesia Airports

By Isny Dewi R

09 January 2020

Indonesia Airports, aplikasi milik Angkasa Pura II dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda yang akan menggunakan pesawat.

Ucapkan selamat tinggal pada proses check-in yang lama di bandara, karena kini ada aplikasi Indonesia Airports yang dijamin bikin hemat waktu! Aplikasi yang dirilis oleh Angkasa Pura II ini dilengkapi berbagai fitur menarik untuk memudahkan Anda yang akan menggunakan pesawat, salah satunya adalah fitur e-check-in.

Dengan Indonesia Airports, Anda bisa check-in tanpa antri. Aplikasi ini tak hanya dapat digunakan untuk memudahkan penumpang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta saja, tapi juga semua penumpang di seluruh bandara milik Angkasa Pura II.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba, berikut cara melakukan check-in melalui aplikasi Indonesia Airports.

1. Pilih Bandara
Setelah download aplikasi, Anda bisa memilih bandara keberangkatan. Opsi bandara ini ada di pojok kiri atas setelah Anda membuka aplikasi. Ada 16 bandara yang tersedia di aplikasi Indonesia Airports.

2. Pilih Maskapai Penerbangan
Setelah memilih bandara, ada beberapa fitur yang bisa Anda pilih seperti Pelaporan Elektronik, Pesan Penerbangan, Toko & Restoran, Parkir & Transportasi, Darurat, WiFi, Airportainment, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin melakukan check-in, Anda bisa memilih Pelaporan Elektronik.

Setelah itu, akan muncul daftar maskapai penerbangan. Pilih lah sesuai dengan maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Saat ini, baru ada delapan maskapai penerbangan yang terdaftar di aplikasi Indonesia Airports, antara lain Batik Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Nam Air, Air Asia, dan Wings Air.

Jika maskapai penerbangan yang Anda gunakan tidak masuk dalam daftar tersebut, maka Anda belum bisa menggunakan fitur Pelaporan Elektronik atau e-check in di aplikasi Indonesia Airports.

3. Masukkan Kode Booking dan Data Lainnya
Setelah memilih maskapai penerbangan, Anda diharuskan mengisi rincian pemesanan seperti kode booking atau nomor e-ticket dan nama.

4. Dapatkan E-Boarding Pass
Jika kode booking Anda sudah terverifikasi, aplikasi akan menampilkan beberapa informasi terkait penerbangan, seperti dangerous goods atau barang-barang yang dilarang dibawa ke bandara dan pesawat.

Lalu, Anda bisa memilih seat. Setelah itu, Anda bisa memilih pengiriman e-boarding pass, apakah ke e-mail, sms, atau print langsung di konter bandara. Jika Anda memilih mengirim e-boarding pass ke email atau di-download, maka Anda tak perlu mencetak boarding pass. Cukup tunjukkan e-boarding pass di ponsel Anda ke petugas Security Check Point, karena dalam e-boarding pass tersebut terdapat QR Code yang bisa dipindai oleh petugas.

5. Pergi ke Self Baggage Drop jika Membawa Bagasi
Ini hanya berlaku jika Anda ingin menyimpan barang bawaan dalam bagasi pesawat. Dari aplikasi Indonesia Airports, Anda bisa memilih opsi membawa bagasi untuk mendapatkan informasi yang nantinya harus Anda berikan di konter self baggage di area check-in. 

Sebagai informasi tambahan, batas waktu check-in menggunakan aplikasi Indonesia Airports sama dengan check-in konvensional, yakni satu jam sebelum keberangkatan domestik dan dua jam sebelum keberangkatan internasional.

Share this article?

MUST SEE