CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Ini Dia Nasi Uduk Legendaris Paling Nikmat di Kebon Kacang

By Isny Dewi R

09 September 2020

Nasi Uduk Kakek Suryadi bisa dibilang merupakan pelopor warung nasi uduk di Kebon Kacang. Pasalnya, warung makan ini sudah eksis sejak tahun 1950.

Photo source: Instagram @rice_guy
 

Jika Anda kebetulan tengah melintas di kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat, jangan lupa menyempatkan waktu untuk menyantap salah satu nasi uduk paling enak di ibu kota. Meski di kawasan tersebut ada banyak penjual nasi uduk, namun, Nasi Uduk Kakek Suryadi bisa dibilang merupakan pelopor warung nasi uduk di Kebon Kacang. Pasalnya, warung makan ini sudah eksis sejak tahun 1950.
 
Anda bisa menemukan warung nasi uduk legendaris ini di tengah permukiman penduduk di Jalan Kebon Kacang 10, Nomor 12, Kelurahan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Tidak sulit menemukannya, karena berada di pinggir jalan dan terdapat plang besar bertuliskan Nasi Uduk Kakek H. Suryadi Kebon Kacang.
 
Warung nasi uduk ini menggunakan teras rumah yang diubah sedemikian rupa. Terdapat meja panjang berisi aneka lauk pauk yang diletakkan di atas piring, seperti tahu, tempe, paru, sate udang, babat, daging, serta tentunya potongan dada dan paha ayam. Anda tinggal memilih mau yang mana, nantinya lauk tersebut akan digoreng agar lebih nikmat.
 
Sambil menunggu lauk selesai digoreng, nasi uduk dibungkus daun pisang, lengkap dengan sambal dan bumbu kacang sudah tersaji di atas meja. Ya, Nasi Uduk Kakek Suryadi memang berbeda karena dibungkus menggunakan daun pisang berukuran kecil. Jadi, jika ingin mengenyangkan perut, Anda harus mengambil beberapa bungkus, karena jika satu saja dijamin belum cukup.
 
Begitu disantap, nasi uduknya terasa gurih dan legit, dengan tekstur yang tidak lembek dan tidak lengket. Rasa gurih semakin terasa kala melahapnya dengan bumbu kacang. Aroma nasi uduk yang menggugah selera begitu terasa di dinding mulut.
 
Pembuatan Nasi Uduk Kakek Suryadi Kebon Kacang hampir sama dengan nasi uduk pada umumnya, yang membedakan hanya penggunaan satu bumbu rahasia. Kakek Suryadi sendiri awalnya hanya menjual nasi uduk beserta telor balado dan kering tempe. Lama kelamaan, warung nasi uduk ini juga menjajakan aneka lauk yang cukup lengkap. Saat ini, warung Nasi Uduk Kakek H. Suryadi dikelola oleh generasi ketiganya.

 

Share this article?

Place/Address:

Nasi Uduk Kakek Suryadi
Jl. Kebon Kacang X No.12, Kb. Kacang, Tanahabang, Jakarta Pusat

Open Hours:

Setiap hari: 16.00 – 22.00 WIB

MUST SEE