CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Pantau Kualitas Udara di Sekitar Anda dengan Nafas

By Eskanisa R

13 October 2020

Jadi lebih nyaman beraktivitas di luar rumah.

Sumber foto: App Store
 
Sudah pernah mendengar aplikasi terbaru dengan nama unik ini? Nafas merupakan aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk mengetahui kualitas udara di sekitarnya secara real-time.
 
Meski bukan satu-satunya aplikasi yang dapat mengukur kualitas udara, namun, Nafas menggunakan sensor yang menampilkan data secara real-time. Di Jabodetabek sendiri, Nafas sudah memasang lebih dari 50 sensor yang mampu menampilkan data setiap 20 menit sekali dalam aplikasi sehingga informasi yang diberikan cukup akurat. Adapun, data yang dapat diperoleh para penggunanya antara lain Air Quality Index (AQI) dan Particulate Matter (PM).
 
Dalam balutan interface yang sederhana, Nafas juga menampilkan daftar kualitas udara di kota lain (masih dalam ruang lingkup Jabodetabek) sebagai perbandingan dan artikel (konten) untuk mengedukasi masyarakat mengenai kualitas udara.
 
Saat berada dalam jangkauan sensor, Nafas akan memberikan notifikasi berupa warna sesuai dengan kualitas udara. Warna hijau menunjukkan bahwa kualitas udara di sekitar Anda bagus. Warna kuning menandakan kualitas udara sedang. Warna oranye menandakan kualitas udara tidak sehat disertai dengan imbauan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.
 
Warna merah juga menunjukkan kualitas udara yang tidak sehat serta imbauan untuk menyalakan pembersih di dalam ruangan (rumah atau kantor), menyadur dari laman Kompas.com. Nafas bisa diunduh secara gratis di AppStore maupun Play Store.

Share this article?

MUST SEE