CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Penyakit Berbahaya yang Timbul Akibat Menyepelekan Sakit Gigi

By Eskanisa R

20 October 2020

Kebersihan mulut dan gigi yang baik dapat mencegah penyakit ini.

Sumber foto: iStock
 
Sakit gigi bisa menyerang siapa saja, anak-anak maupun dewasa. Sayang, tidak sedikit orang menganggap masalah ini sepele. Padahal, kesehatan gigi berkaitan erat dengan kesehatan tubuh.
 
Rasa sakit gigi yang begitu menyiksa biasanya disertai dengan nyeri pada gusi dan pipi sehingga menyebabkan hilangnya nafsu makan. Bayangkan jika hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama, penderitanya tentu kehilangan berat badan.
 
Mengutip Medical News, selain menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti yang tertera di bawah ini, sakit gigi berkepanjangan juga berisiko menyebabkan kematian.

1. Abses
Abses merupakan infeksi di sekitar gusi dan gigi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang terdapat pada gigi berlubang berkumpul menjadi benjolan nanah yang lambat laun akan bertambah parah (nyeri). Abses yang paling sering ditemukan adalah periapical (ujung akar gigi), periodontal (gusi dekat akar gigi), dan gingiva (gusi). Abses biasanya ditandai dengan gejala demam, sakit saat mengunyah, bengkak dan kemerahan pada wajah, bengkak di bagian bawah rahang (leher) dan bau mulut.

2. Jantung
Beberapa penilitian menunjukkan bahwa abses periodontal (pada bagian gusi dekat akar gigi) memiliki kaitan erat dengan penyakit jantung. Bakteri dalam gusi yang terluka bisa masuk ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan infeksi di dalam otot jantung atau yang dikenal dengan istilah infective endocarditis.  

3. Kanker
Melansir dari Boldsky, bakteri penyebab pembengkakan gusi meningkatkan risiko kanker esofagus (saluran penghubung kerongkongan dan perut). Dua spesies bakteri oral di dalam mulut, Tannerella forsythia dan Porphyromonas gingivalis bisa meningkatkan risiko kanker adenokarsinoma esofagus dan karsinoma sel skuamosa (kanker yang paling sering ditemukan di bagian atas dan tengah esofagus).
 

Share this article?

MUST SEE