CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Penyakit yang Harus Diwaspadai Akibat Terlalu Lama Duduk

By Eskanisa R

07 December 2020

Ancaman gangguan kesehatan karena duduk terlalu lama.

Sumber foto: GettyImages - LaylaBird

Baik bekerja di kantor maupun di rumah, duduk berjam-jam memang tidak dapat dihindari. Namun, tahukah Anda jika duduk terlalu lama bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi yang kurang mengonsumsi air putih, makanan sehat dan berserat, serta olahraga. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penyakit-penyakit yang membayangi jika duduk terlalu lama.

1. Nyeri Punggung
Hal ini sering terjadi pada mereka yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Penyebab utamanya karena posisi tubuh saat duduk tidak benar. Menurut Joan Vernikos dalam bukunya yang berjudul Sitting Kills, Moving Heals dijelaskan bahwa tubuh manusia memang tidak dirancang untuk duduk terlebih dengan posisi yang salah dan dalam waktu yang lama.
 
Saat punggung terasa nyeri, ubah posisi duduk. Jaga bahu dan punggung tetap tegak (tidak bungkuk). Selain itu, rutin mengubah posisi duduk jika harus bekerja dalam waktu yang lama, dan istirahat setidaknya 30 menit sekali dengan bangkit dan melakukan peregangan. Tidak lupa juga posisikan kursi dan meja senyaman mungkin selama bekerja.

2. Nyeri Pinggang
Seperti halnya nyeri punggung, nyeri pada pinggang bagian bawah juga kerap muncul ketika Anda duduk terlalu lama terlebih posisinya salah. Penyebabnya adalah aliran darah ke otot menjadi terhambat karena posisi duduk yang statis, dan kontraksi otot dalam waktu yang lama tanpa jeda (pemulihan). Adapun cara sederhana untuk menjaga kesehatan tulang belakang adalah dengan memastikan bahwa tidak duduk di posisi yang sama lebih dari 30 menit dan melakukan peregangan otot paha.

3. Kegemukan
Melansir WebMD.com, duduk berjam-jam juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup drastis meski rajin berolahraga. Seorang peneliti bernama dokter Barry Braun mengungkapkan bahwa duduk dalam waktu yang lama cenderung membuat seseorang mudah merasa lapar meski energi yang dikeluarkan sedikit. Kalori yang masuk tidak dapat dibakar secara maksimal karena tidak banyak bergerak (duduk lama) sehingga akan tertimbun di bagian perut dan paha. Jika Anda merasa sudah duduk cukup lama, segera beranjak sebentar dari kursi dan lakukan peregangan. Dengan begitu, otot akan kembali aktif memecah kalori (lemak dan gula) yang masuk ke tubuh.
 

Share this article?

MUST SEE