CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Penyakit yang Rentan Meningkatkan Risiko Tertular COVID-19

By Eskanisa R

15 July 2020

Pengidap penyakit berikut cenderung mudah terserang dan menularkan virus COVID-19.

Sumber foto: Pixabay
 
Penularan COVID-19 tidak pandang usia, siapa saja bisa tertular dan menularkan, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Namun, ada beberapa penyakit yang dinyatakan lebih rentan tertular COVID-19 seperti yang tertera di bawah ini.

1. Asma
Pengidap asma sangat mungkin tertular COVID-19, sebab virus ini menyerang saluran pernapasan (hidung, tenggorokan, dan paru-paru), dilansir dari boldsky. Saat pengidap asma terserang COVID-19, tinggi kemungkinan akan mengalami gangguan pernapasan berat seperti pneumonia.

2. Kanker
Dilansir Alodokter, efek samping kemoterapi atau gangguan pada sel darah putih menyebabkan sistem kekebalan tubuh pengidap kanker melemah. Saat sistem tubuh melemah, pengidap kanker tidak kuat melawan infeksi virus sehingga berisiko tinggi terinfeksi COVID-19.

3. Kardiovaskular
Pengidap penyakit jantung koroner, hipertensi, dan stroke umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dilansir dari situs resmi RSUP dr. Soeradji, beberapa laporan menyebutkan bahwa risiko kematian akibat COVID-19 pada penderita penyakit kardiovaskular lebih tinggi dibanding penderita COVID-19 tanpa penyakit kardiovaskular.
 
Sistem kekebalan tubuh yang lemah menandakan mekanisme tubuh untuk melawan dan memusnahkan bakteri, virus, dan benda asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh tidak maksimal. Oleh karena itu, pengidap penyakit kardiovaskular juga masuk ke dalam kategori kelompok yang rentan terinfeksi COVID-19.

Share this article?

MUST SEE