CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang, Apa Bedanya?

By Isny Dewi R

12 November 2020

Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang memiliki beberapa perbedaan.

Photo source: Twitter @drhaltekehalte
 
Meski kedua kedai makanan ini sama-sama berasal dari Sumatera Barat, tapi ternyata Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang memiliki beberapa perbedaan. Melansir sesi webinar “Perjalanan Rantau: Lapau Nagari Kapau” yang diselenggarakan Aksara Pangan, Kamis (22/10/20) lalu, Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler dan Rendang: Minang Legacy to the World menjelaskan apa saja perbedaan-perbedaan tersebut.
 
1. Tata Letak Makanan
Di rumah makan Padang, lauk-pauk ditumpuk ke atas dalam etalase kaca. Sementara di lapau nasi kapau, makanan ditata secara bertingkat di atas meja lebar yang diletakkan di depan.
 
“Kalau di rumah makan Padang, etalase yang di sebelah atas itu untuk lauk pauk kering. Kemudian yang berkuah ditaruh di sebelah bawah. Kalau kita pergi ke penjual nasi kapau, justru yang berkuah itu ada di depan,” jelas Reno.
 
Di lapau nasi kapau, para pedagang berdiri di belakang wadah makanan, di seberang pembeli. Pedagang biasanya menggunakan sendok panjang untuk mengambil makanan berkuah yang ada di depan pembeli, karena agak jauh untuk menjangkaunya. Tujuan menu makanan diletakkan lebih rendah di depan pedagang adalah agar pembeli bisa melihat-lihat dan memilih lauk dengan mudah.
 
Berbeda dengan rumah makan Padang, pembeli harus sedikit menengadah karena penataan menu makanannya ditumpuk ke atas.
 
2. Cara Memesan
Jika ke rumah makan Padang, biasanya pembeli akan duduk dahulu. Setelah itu, pelayan akan menghampiri meja pembeli untuk mencatat pesanan atau membawa tumpukan piring kecil di tangan. Sementara di lapau nasi kapau, pembeli langsung memilih makanan dan memesan makanan pada pedagang. Kemudian lauk akan disajikan langsung dan ditata pada piring. Modelnya seperti nasi rames.
 
“Paket starter pack-nya itu biasanya adalah nasi dan pasti ada kuahnya. Kemudian kita tinggal pilih apa yang kita mau,” papar Reno.
 
3. Jenis Makanan
Ada beberapa hidangan yang hanya bisa Anda temukan di lapau nasi kapau. Misalnya rendang daka-daka, gulai tambusu, ikan mas bertelur, dan gulai kapau.

Share this article?

MUST SEE