CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Mengenal Pertashop, Bisnis SPBU Mini yang Menguntungkan

By Isny Dewi R

01 December 2020

Pertamina memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi mitra melalui sebuah layanan bernama Pertashop.

Photo source: Instagram @pertamina
 
 
Sejak tahun 2018, Pertamina memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi mitra melalui sebuah layanan bernama Pertashop. Layanan ini diharapkan dapat membantu menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan bahan bakar minyak (BBM), dan Gas.
 
Pertashop bisa dibilang merupakan SPBU mini atau lembaga penyalur resmi dari Pertamina untuk melayani masyarakat yang selama ini kesulitan menemukan SPBU untuk mendapatkan BBM.
 
Tak hanya itu, mitra Pertashop juga akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti penawaran kemitraan mudah, transparan, dan menguntungkan. Takaran dan kualitas produk BBM, serta harganya juga sama dengan SPBU Pertamina aslinya.
 
Melansir situs Pertamina, skema bisnis Pertashop terbagi menjadi dua. Pertama, biaya investasi dan biaya operasi ditangguung oleh mitra. Sedangkan yang kedua, biaya investasi ditanggung oleh Pertamina dan biaya operasi mitra. Apabila biaya investasi dan operasi ditanggung oleh mitra diperkirakan biaya yang diperlukan sekitar Rp 250 juta. Sementara jika investasi ditanggung Pertamina maka biayanya sekitar Rp 80 juta.
 
Dengan kapasitas tangki penyimpanan 3 KL upper ground, diperkirakan mitra Pertashop akan mendapatkan omzet 400 liter per hari. Sementara produk ritel yang dijual adalah Petamax, Dexlite, LPG Non Subsidi, dan Pelumas.
 
Adapaun kriteria yang harus dipenuhi bagi masyarakat yag ingin mendaftar sebagai mitra Pertashop antara lain:
 
  • Memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (CV , Koperasi , PT).
  • Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP, dan Akta Perusahaan.
  • Memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop.
  • Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa.
 
Untuk informasi lebih lengkap mengenai kemitraan Pertashop Pertamina bisa Anda lihat melalui situs Pertamina Pertashop kemitraan.pertamina.com.

Share this article?

MUST SEE