CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Pesona Curug Cikuluwung, Surga Tersembunyi di Bogor

By Eskanisa R

11 December 2020

Pemandangan indah dan tiket yang murah jadi daya tarik tempat wisata ini.

Sumber foto: GenPI.co

Satu lagi, wisata air terjun di Bogor yang terkenal karena pemandangannya yang indah, Curug Cikuluwung. Curug ini berselang 1 jam 30 menit dari pusat kota Bogor. Yang membuat Curug Cikuluwung begitu menarik adalah adanya tebing bebatuan tinggi yang mengapitnya.
 
Berada di kawasan pegunungan, Anda akan dimanjakan dengan banyaknya pepohonan sepanjang perjalanan dari pintu masuk menuju curug. Semakin dekat dengan curug, suara derasnya aliran dan kicauan burung membuat rasa lelah tidak terasa.
 
Agar tetap aman dan nyaman selama melewati belasan anak tangga yang terjal dan licin menuju curug, sangat disarankan untuk mengenakan alas kaki (sepatu atau sandal) outdoor. Usahakan datang saat curah hujan tidak tinggi, karena air curug lebih jernih, dan debit airnya tidak membahayakan.
 
Karena lokasinya yang terbilang terjal, Curug Cikuluwung 1 atau yang diapit dengan tebing bebatuan kurang cocok untuk anak-anak dan orang tua. Namun, tidak perlu berkecil hati, anak-anak dan orang tua masih bisa menikmati keindahan Curug Cikuluwung 2 sambil berenang menggunakan ban pelampung yang disewakan seharga Rp35.000 sambil swafoto. 
 
Curug Cikuluwung buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 11 siang, kemudian dilanjutkan pukul 1 siang hingga 3 sore. Cukup merogoh kocek Rp20.000 per orang untuk bisa masuk ke area Curug Cikuluwung 1 dan Rp10.000 per orang untuk tiket masuk Curug Cikuluwung 2.
 
Perlu diperhatikan, pengelola curug membatasi pengunjung yang datang per sesinya dengan sistem buka tutup track, maksimal 30 orang per sesi demi keamanan dan kenyamanan berwisata. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir, sebab Curug Cikuluwung sudah dilengkapi area parkir. Biaya parkirnya pun cukup murah, yaitu Rp5.000 untuk motor, dan  Rp10.000 untuk mobil. Curug Cikuluwung sangat cocok dijadikan destinasi untuk menghabiskan libur akhir pekan atau akhir tahun.

Share this article?

Place/Address:

Curug Cikuluwung
Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

Open Hours:

09.00 – 11.00 WIB dan 13.00 – 15.00 WIB

MUST SEE