CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Ramalan The Simpsons yang Jadi Kenyataan, Bikin Merinding!

By Eskanisa R

10 August 2020

Episode mana lagi ya yang jadi kenyataan?

Sumber foto: FOX

Serial televisi yang disebut bisa memprediksi kejadian di masa depan, The Simpsons, sudah tayang selama 31 musim, tepatnya sejak tahun 1989. Serial ini berkisah tentang kehidupan keluarga Simpsons, yakni Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie di kota Springfield.
 
Selain karakter yang dibuat identik dengan warna kuning, keunikan lain dari serial The Simpsons adalah bintang tamu seperti presiden Amerika Serikat saat ini, Donald Trump yang diwujudkan dalam bentuk kartun, dan beberapa adegan yang menurut para penggemarnya seperti telah ‘memprediksikan’ apa yang akan terjadi di masa mendatang. Melansir Listverse.com, berikut prediksi The Simpsons yang jadi kenyataan:

  • Donald Trump
Dalam episode berjudul Bart to the Future yang tayang pada 19 Maret 2000 lalu, The Simpsons meramalkan bahwa Donald Trump akan menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. Dan Greaney sebagai penulis mengatakan bahwa dirinya sengaja membuat ‘prediksi’ tersebut karena menganggap visi AS pada saat ini semakin gila.
 
  • Jam Tangan Pintar
Dalam episode berjudul Lisa’s Wedding yang tayang pada 1995, tunangan Lisa, Hugh Parkfield terlihat menggunakan sebuah jam tangan yang mirip seperti smartwatch atau jam tangan pintar yang ada di pasaran saat ini. Pria tersebut menggunakan jam tangan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
 
  • Layanan Video Call
Di episode yang sama, Lisa’s Wedding, juga memperlihatkan bagaimana The Simpsons ‘memprediksikan’ layanan video call yang menjadi tren saat ini. Dalam episode tersebut terlihat Lisa berbincang dengan Marge, sang ibu melalui komputer, bukan telepon yang digunakan semua orang di tahun 90-an.
 
  • Fitur Autocorrect
Masih berbicara mengenai teknologi yang diprediksikan oleh The Simpsons, dalam sebuah episode berjudul Lisa on Ice yang tayang pada tahun 1994, salah satu murid bernama Dolph di sekolah sedang memperhatikan presentasi dan ingin mencatatnya. Saat dirinya mengetik “Eat Up, Martha”, malah dikoreksi menjadi “Beat Up, Martin”.
 
  • Pandemi Ebola
Dalam sebuah episode yang tayang pada 1997, Marge terlihat menawarkan Bart sebuah buku untuk dibaca berjudul “Curios George and the Ebola Virus”. Pada tahun 2014, Ebola benar-benar menyerang Amerika Serikat, membuat masyarakatnya ketakutan dan panik.
 
  • Lady Gaga Tampil di Acara Super Bowl
Salah satu penyanyi pop paling popular di dunia, Lady Gaga muncul dalam sebuah episode The Simpsons, di mana dirinya tampil di kota Springfield. Meski dalam ‘prediksi’-nya tidak disebutkan secara gamblang bahwa penyanyi asal New York, Amerika Serikat itu tampil dalam acara Super Bowl, namun aksi panggung Lady Gaga dalam acara Super Bowl 2017 mirip seperti di episode tersebut (lengkap dengan adegan menari di atas udara dan akrobatik).
 
  • Disneys Membeli 20th Century Fox
Pertengahan Maret 2019, Disney resmi mengakuisisi Fox termasuk 20th Century Fox, Fox 2000 Pictures, Fox Family, Fox Animation dan Fox Searchlight Pictures seharga Rp1.000 triliun yang mana hal tersebut sudah ‘diprediksi’ dalam sebuah episode yang tayang pada tahun 1998.
 
Dalam episode tersebut, The Simpsons mengunjungi studio Fox di mana Homer membuat sebuah film. Jika diperhatikan, ada sebuah tanda (background) dengan logo 20th Century Fox namun tagline-nya menggunakan kalimat “A Division of Walt Disney Co.” (dimiliki oleh Walt Disney).
 

Share this article?

MUST SEE