CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Rayakan Idulfitri Tanpa Bertatap Muka, Begini Caranya

By Eskanisa R

19 May 2020

Silaturahmi saat Idulfitri tetap terjalin tanpa harus bertatap wajah langsung dengan cara ini

Perayaan Idulfitri tahun ini mungkin sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana, untuk pertama kalinya, tahun ini umat Muslim akan melewatkan Idulfitri tanpa takbir keliling, salat Eid berjamaah di masjid, keharuan saat bersalam-salaman dan bermaaf-maafan serta keriuhan suka cita saat berbagi salam tempel. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak dapat merayakan Idulfitri. Berikut cara menyiasati perayaan Idulfitri tanpa harus bertatap muka.

1. Kirim Surat

Imbauan untuk tetap berada di rumah saja memang membuat banyak orang tidak dapat bertemu sanak saudara di Hari Raya Idul Fitri. Meski demikian, jangan lewatkan momentum ini untuk mengirim doa dan ucapan penuh harap. Meski tidak dapat bertatap muka secara langsung, namun doa terbaik yang Anda panjatkan terus mengalir.

Selain itu, Anda juga dapat mengirim surat. Tidak dapat dipungkiri, menulis surat mungkin sudah ketinggalan zaman. Kemajuan teknologi membuat surat menyurat menjadi kebiasaan langka bahkan hampir punah. Meski begitu, melalui surat Anda bisa lebih mengekspresikan kebahagiaan, kepiluan, dan bentuk emosional lainnya. Tulisan Anda diharapkan bisa membangkitkan imajinasi pertemuan yang mampu mengobati kerinduan keluarga.

2. Video Call

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, hampir semua ponsel memiliki fitur video call atau panggilan video. Jika keluarga yang ingin dihubungi memungkinkan Anda melakukan video call, Anda bisa bersilaturahmi dengan cara ini.

Bagi beberapa orang yang tidak dapat menjelaskan emosinya lewat pesan, video call sangat membantu dalam mengekspresikan diri. Lewat video call, Anda bisa mencurahkan rasa rindu dan tidak lupa bermaaf-maafan layaknya bertemu secara langsung. Keluarga yang jauh pun akan terasa dekat dengan teknologi ini.

3. Mengirim Bingkisan

Bingkisan biasanya menjadi salah satu hal yang harus dibawa saat mudik. Mengingat imbauan untuk tidak mudik saat ini, Anda tetap bisa mengirim bingkisan untuk keluarga di kampung halaman. Begitu pula dengan salam tempel, Anda bisa menggunakan fitur mobile atau internet banking untuk berbagi dengan keponakan atau sepupu tersayang.

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/id/illustrations/konferensi-video-skype-webinar-5162927/ 

 

Share this article?

MUST SEE