CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Rekomendasi Mi Instan Alami Aman Dikonsumsi Anak-anak dan Dewasa

By Eskanisa R

24 August 2020

Lebih sehat, harganya mulai 6 ribuan.

Sumber foto: Pixabay
 
Dengan alasan praktis, mi instan begitu digandrungi masyarakat. Padahal mi instan yang rasanya memang terbukti bisa buat ketagihan memiliki berbagai efek samping bagi kesehatan. Namun, bagi yang tidak bisa lepas dari godaan mi instan, wajib mencicipi mi instan yang dibuat tanpa tambahan penyedap rasa (MSG) seperti yang tertera di bawah ini.

1. Healtimie
Tidak dapat dipungkiri jika MSG atau penyedap rasa menjadi daya tarik utama berbagai macam produk makanan kemasan termasuk mi instan. Kebanyakan mi instan menggunakan penyedap rasa untuk mendapatkan rasa umami (gurih). Namun, mengonsumsi makanan yang mengandung MSG secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang ternyata bisa menyebabkan sakit kepala, mual hingga otot terasa tegang.
 
Healtimie menawarkan mi instan yang terbuat dari tepung terigu, serat nabati, garam, kalsium dan pewarna alami yang diambil dari daun barley. Mi instan kuah ini juga dilengkapi dengan sayuran kering, yakni wortel, daun bawang, dan kacang polong serta tiga jenis bumbu yang terdiri dari bumbu bubuk, minyak, dan sambal.
 
Meski tidak menggunakan MSG, rasa Healtimie Green Barley Noodle ini terbilang cukup gurih dan tak kalah nikmat dengan mi instan kuah biasa. Harganya juga terjangkau, kisaran Rp6 ribuan.

2. Lemonilo
Saat ini, Mie Instan Alami Rasa Mie Goreng dari Lemonilo tengah naik daun. Sebab, mi instan goreng yang dibuat dari bahan-bahan alami ini memiliki rasa yang tak kalah nikmat dengan mi instan goreng biasa.
 
Lemonilo menggunakan oven untuk menghasilkan mi yang awet bukan digoreng sehingga bebas dari lemak trans (yang biasanya dihasilkan dari proses penggorengan), namun memiliki periode kedaluwarsa yang lebih singkat. 
 
Mi Lemonilo terbuat dari bayam organik, dan bahan-bahan alami lainnya seperti tepung terigu, campuran garam, gula, bubuk bawang putih dan bombai dan bubuk ayam sebagai bumbu bubuk, cabai bubuk, dan kecap khas mi instan goreng. Meski tanpa penyedap rasa tambahan (MSG), rasanya tak kalah gurih.
 
Lemonilo juga menghadirkan mi instan versi kuah, yakni Lemonilo Mie Kuah Instan Alami Ayam Bawang dan Lemonilo Mie Kuah Instan Alami Kari Ayam. Cukup merogoh kocek kisaran Rp6 ribuan untuk mencicipi kelezatan mi instan alami ini.

3. Fit Mee
Berbeda dari dua mi instan sebelumnya, Fit Mee menawarkan varian mi instan alami dengan bahan utama konnyaku sehingga lebih rendah kalori namun bisa membuat kenyang lebih lama.
 
Konnyaku merupakan umbi-umbian yang biasa dijumpai di negara Asia Timur. Umbi yang mengandung pati ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya menjaga berat badan. Jadi, bisa tetap menikmati mi instan tanpa rasa bersalah.
 
Fit Mee hadir dalam empat pilihan rasa, yakni Mie Goreng Korea, Mie Soto, Ayam Bawang dan Spaghetti Konnyaku Saus Carbonara. Harganya berkisar antara Rp13 ribuan  - Rp20 ribuan per bungkus.
 
 

Share this article?

MUST SEE