CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Rekomendasi Rumah Makan Sunda Lesehan untuk Keluarga

By Eskanisa R

19 January 2021

Tempat dan menunya ramah anak.

Sumber foto: @talagasampireun

Selain rumah makan Padang, rumah makan Sunda pun tak kalah menjamur di Jakarta dan sekitarnya. Di samping menu yang variatif dan rasanya enak, kebanyakan rumah makan Sunda memang menempati lokasi sendiri, tidak berada di dalam mal sehingga cocok bagi Anda dan keluarga yang sudah bosan berkunjung ke mal. Ditambah, konsep lesehan dengan suasana hangat dan sejuk menjadi daya tarik tersendiri. Berikut rekomendasi tiga rumah makan Sunda yang cocok untuk liburan keluarga di bawah ini.

1. Talaga Sampireun

Sumber foto: @talagasampireun
 
Salah satu rumah makan Sunda yang difavoritkan banyak keluarga adalah Talaga Sampireun. Hingga saat ini, Talaga Sampireun memiliki tiga cabang, yakni Ancol, Bintaro, dan Puri
 
Rumah makan yang menyajikan beragam makanan khas Sunda dan boga bahari ini memiliki interior yang memanjakan mata layaknya di pedesaan. Saung-saung sengaja dibangun mengelilingi danau buatan sebagai tempat bersantap bagi Anda dan keluarga.
 
Di tengah pandemi seperti sekarang ini di mana kita dituntut untuk menjaga jarak dengan orang lain, di sini Anda tidak perlu khawatir karena jarak antara satu saung dengan yang lainnya tidak terlalu dekat. Selain itu, pengelola juga menerapkan beberapa protokol kesehatan lainnya, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dan disinfeksi alas kaki. Tempat cuci tangan dan hand sanitizer pun dibuat otomatis tanpa harus disentuh dengan tangan.
 
Lalu, bagaimana dengan makanannya? Menu apa saja yang wajib dicicipi di sini? Ada Gurame Terbang yang jadi favorit anak-anak dan dewasa dengan plating yang menarik, Sate Udang Jumbo Bakar Madu, Kepiting Saos Pedas, Cumi Bakar Penyet, Sate Jamur, Lidah Sapi Cabe Ijo, Tahu Isi dan Plecing Kangkung.
 
Untuk menemani saat santai setelah bersantap, tidak ada salahnya mencicipi aneka hidangan manis seperti Sagu Rangi, Es Bubur Sumsum Ijo, Es Pisang Ijo dan Es Alpukat Susu. Guna melengkapi protokol kesehatan, disarankan untuk melakukan pembayaran secara non-tunai.
 
Talaga Sampireun
Alamat: Jl. Lingkar Luar Barat No. 17, Puri Indah, Jakarta Barat
Telp: 021 – 58352555
Instagram: @talagasampireun

2. Saung Apung
 

Sumber foto: qraved

Sedikit bergeser ke kota Bekasi, rumah makan yang tidak pernah sepi di akhir pekan ini juga menghadirkan suasana alam yang memanjakan keluarga. Area bersantap lesehannya dibangun di atas kolam yang penuh dengan ikan.
 
Untuk makanan, Saung Apung dikenal dengan hidangan khas Sunda yang enak seperti Karedok, Genjer Oncom, Kangkung Balacan, Toge Ikan Asin, Gurame Rica Kemangi, Udang Bakar Madu, Cumi Asam Manis, dan Iga Sapi Saung. Selain itu, aneka sambalnya juga wajib dicicipi, dari sambal mangga hingga terasi.
 
Saung Apung
Alamat: Villa Nusa Indah 2, Jl. Campur Sari 3, Blok GG No. 1, Jatiasih, Bekasi
Telp: 021 – 82433099 / 021 – 99445000

3. Dapur Kuring

Sumber foto: @galleryindaaah
 
Terakhir, rumah makan khas Sunda yang juga hadir dengan konsep saung, yang cocok untuk santap siang bersama keluarga, Dapur Kuring. Daun jerami sebagai atap saung dan dinding bambu tentu menambah kesan tradisional dan alami. Selain area saung, restoran Sunda ini juga memiliki area restoran yang tak kalah nyaman.
 
Soal menu, Dapur Kuring hadir dengan banyak pilihan andalan yang dijamin bikin ketagihan. Mulai dari Karedok, Cumi Asam Manis, Udang Gala Super, Kerang Saus Padang, Gurame Bumbu Rujak, Kepiting Saos Padang, hingga Pete Goreng.
 
Bukan penggemar boga bahari? Tenang, Dapur Kuring juga memiliki menu ayam dan daging sapi seperti Ayam Bekakak Cabe Hijau, Iga Penyet, Sapi Lada Hitam, dan Sop Iga. Jangan lewatkan juga aneka sambal yang rasanya bikin merem melek.
 
Dapur Kuring
Alamat: Jl. Letjen S. Parman No. 57, Slipi, Jakarta Barat
Telp: 021 – 5322875
 

Share this article?

MUST SEE