CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Mau Bikin Gultik Sendiri di Rumah? Ini Resepnya

By Isny Dewi R

06 January 2021

Cara memasak gulai tikungan atau gultik Blok M.

Photo source: mamikos.com
 
 
Sebagai warga Jakarta, Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan gultik atau gulai tikungan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, maka ini bisa menjadi kabar gembira untuk Anda. Pasalnya, cara membuatnya ternyata tidak terlalu sulit. Berikut cara memasak gulai tikungan atau gultik Blok M berdasarkan resep dari Chef Ibis Styles Jakarta Tanah Abang, Yoggi Sanjaya dilansir dari Kompas.com.
 
Bahan-bahan:
120 gram daging sapi
50 gram ati ampela ayam
20 gram tomat
5 gram daun bawang
5 gram daun seledri
2 gram bawang goreng
30 gram santan cair
 
Bumbu halus:
10 siung bawang merah
10 siung bawang putih
5 buah kemiri
6 buah cabai merah
1 buah kunyit
 
Bumbu penyedap:
1 batang serai
½ batang lengkuas
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
 
Cara membuat gultik:
 
  1. Siapkan bumbu halus dan bumbu penyedap secara terpisah. Geprek bumbu penyedap, setelah itu potong dadu daging sapi dan ati ampela ayam. Rebus daging sapi hingga empuk. Tambahkan garam dan merica untuk menambahkan rasa.
  1. Di dalam wadah terpisah lumuri ati ampela dengan bumbu kuning, lalu tambahkan garam dan merica sebagai penyedap rasa, sisihkan.
  1. Haluskan bumbu halus, kemudian panaskan panci dan masukkan minyak secukupnya.
  1. Setelah itu, tumis bumbu halus dan bumbu penyedap hingga harum dengan api kecil agar aroma dan rasa semakin keluar, serta tidak gosong.
  1. Jika aroma bumbu halus dan bumbu penyedap sudah tercium, masukkan rebusan daging, aduk hingga rata dan aromanya keluar. Jika sudah mewangi, masukkan air 100 ml, aduk rata hingga semua bahan tercampur. Tunggu hingga daging mendidih dan matang. Jika sudah mendidih, masukkan santan cair. Bisa dari parutan kelapa atau santan instan.
 
Sambil menunggu gultik matang, Anda bisa membuat sate ati ampela goreng. Caranya, tusuk ati ampela dan lumuri dengan telur yang sudah dikocok. Selanjutnya, goreng sate hingga kering.
  1. Jika gultik sudah mendidih, masukkan santan cair dan terus diaduk agar santan tidak pecah.
  1. Selanjutnya masukkan tomat, daun bawang, dan daun seledri. Masak hingga mendidih kembali hingga aromanya keluar.
  1. Gultik pun siap disajikan. Agar semakin nikmat, taruh nasi di piring, siramkan gulai, tambahkan bawang goreng dan kerupuk bawang.

Share this article?

MUST SEE