CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Resep Hotteok, Jajanan dengan Rasa Legit khas Korea

By Eskanisa R

13 November 2020

Camilan yang pas untuk menonton K-drama.

Sumber foto: Asian Food Network

Jajanan dengan rasa legit ini cukup populer di Korea Selatan terutama saat musim dingin. Rasanya semakin nikmat jika disajikan dengan segelas teh atau kopi tanpa gula. Hotteok merupakan pancake yang terbuat dari adonan tepung terigu, ragi, dan susu dengan isian brown sugar, kayu manis bubuk, madu dan kacang. Yuk, intip resep Hotteok super mudah yang kami rangkum dari laman Asian Food Network di bawah ini.
 
Bahan-bahan:
- 160 gram tepung terigu
- ½ std garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt ragi
- ½ cup susu (kurang lebih 100 cc)
- ¼ cup minyak (kurang lebih 55 gram)
- ¼ cup gula merah (kurang lebih 35 gram)
- ¼ sdt kayu manis bubuk
- 2 sdm kacang tanah (dipanggang dan ditumbuk)
 
Cara membuat:
1. Saring tepung terigu ke dalam mangkuk besar. Tambahkan garam, gula pasir, ragi, dan susu hangat. Aduk rata dan tutup mangkok dengan plastik. Diamkan selama satu jam (fermentasi) sampai adonan mengembang dua kali lipat.

2. Setelah adonan mengembang, buang gas pada adonan dengan cara meninju adonan beberapa kali. Tutup dan bungkus lagi, kemudian diamkan selama 20 menit.
3. Setelah adonan siap, tuang sedikit minyak goreng ke telapak tangan (agar adonan tidak menempel), dan bagi menjadi enam adonan sama rata (ukuran sedang).
4. Gunakan mangkuk terpisah untuk mencampur gula merah, kayu manis bubuk, dan kacang tanah yang sudah dipanggang dan ditumbuk terlebih dahulu. Aduk rata, sisihkan.
5. Lapisi tangan kembali dengan minyak, ambil dan letakkan adonan di salah satu tangan, ratakan dengan tangan lain lalu tambahkan isian sekitar satu sendok makan, tutup adonan dengan cara mengumpulkan sudut-sudutnya. Ulangi sampai sisa adonan habis.
6. Panaskan wajan dengan api sedang, lapisi wajan dengan sedikit minyak goreng.
7. Gunakan wajan anti lengket. Tempatkan adonan (satu atau lebih, tergantung ukuran wajan dan beri ruang cukup, karena adonan akan mengembang saat ditekan) ke dalam wajan dan masak dengan api sedang sampai bagian bawah berwarna cokelat keemasan.
8. Balikkan, tekan adonan, masak sampai berwarna cokelat keemasan. Balikkan kembali adonan lebih dari satu kali sambil dikecilkan apinya. Tutup wajan dan masak sekitar satu menit sampai gula (isian) leleh.
9. Angkat, sajikan selagi hangat.

Share this article?

MUST SEE