CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Resep Japanese Milk Bread, Roti Sobek yang Lagi Viral

By Isny Dewi R

01 September 2020

Japanese milk bread merupakan roti sobek ala jepang dengan tekstur yang sangat lembut, bentuk yang mengembang, serta rasa milky atau susu yang dominan.

Photo source: Pinterest
 
 
Mungkin Anda sudah pernah mendengar jenis roti satu ini. Japanese milk bread merupakan roti sobek ala jepang dengan tekstur yang sangat lembut, bentuk yang mengembang, serta rasa milky atau susu yang dominan. Di negara asalnya, roti ini dikenal dengan nama Hokkaido milk bread.
 
Japanese milk bread belakangan ini tengah viral di berbagai negara di Asia, tak terkecuali di Indonesia. Apalagi setelah banyaknya orang yang mencoba mengkreasikan Japanese Milk Bread dengan warna-warna pastel yang lucu.
 
Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba membuatnya, berikut resep roti sobek Jepang (Japanese Milk Bread) yang kami himpun dari Youtuber asal Jepang, Cook Kafemaru:
 
Bahan:
250 gram tepung terigu protein tinggi atau tepung roti
40 gram gula
3 gram garam
3 gram dry yeast (ragi instan)
185 gram susu cair
20 gram unsalted butter (mentega tawar) suhu ruang.
 
Cara membuat Japanese milk bread:
  1. Siapkan wadah. Campurkan semua bahan kering berupa tepung, gula, dan garam, kemudian aduk rata dengan whisk.
  2. Campurkan susu dalam kondisi harus hangat (tidak boleh panas) campurkan dengan ragi kemudian aduk rata. (Ragi aktif jika terlihat ada busa setelah beberapa lama di atas susu.
  3. Tuang campuran susu dan ragi ke mangkuk adonan kering, aduk rata. Uleni adonan sekitar 10 menit.
  4. Tambahkan mentega, kemudian uleni lagi sekitar 5 menit sampai adonan kalis.
  5. Setelah adonan kalis, elastis dan tak menempel buatlah menjadi bulatan besar. Letakkan kembali ke mangkuk, lalu tutup dengan serbet atau plastic wrap.
  6. Biarkan adonan pada suhu ruang sekitar 1 jam hingga mengembang.
  7. Setelah adonan mengembang dengan baik, kempeskan untuk mengeluarkan udaranya.
  8. Keluarkan adonan, lalu bagi menjadi 16 bagian. Bentuk jadi bulat kecil-kecil, taruh di loyang dan tutup lagi dengan plastic wrap. Diamkan selama 15 menit.
  9. Setelah itu, taburi bagian atas roti dengan tepung terigu menggunakan saringan. Ini untuk membuat roti terlihat pucat dan bernuansa milky.
  10. Panaskan oven 180 derajat Celcius sekitar 10 menit, lalu turunkan menjadi 150 derajat Celicus. Panggang roti selama 17 menit.
  11. Keluarkan roti dari loyang, angin-anginkan, dan roti sobek Jepang pun siap dinikmati.

Share this article?

MUST SEE