CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Resep Kentang Tornado, yang Viral dari Drama Korea Mr. Queen

By Isny Dewi R

28 January 2021

Di drama Korea Mr. Queen, tepatnya di episode 12, dipertontonkan jajanan Korea yang cukup terkenal salah satunya adalah kentang tornado atau hweori gamja.

Photo source: livingnomads.com
 
 
Apakah Anda penggemar drama Korea Mr. Queen? Pada drama tersebut, tepatnya di episode 12, banyak dipertontonkan jajanan Korea yang cukup terkenal salah satunya adalah kentang tornado atau disebut juga potato tornado dan hweori gamja.
 
Pada episode tersebut, Ratu Kim So Yong (Shin Hye Sun) memasak kentang tornado yang belum ada pada zaman tersebut. Ia membuat kentang tornado dengan maksud membantu koki kerajaan, Man Bok (Kim In Kwon).
 
Melansir Tasty, cara membuat kentang tornado cukup mudah. Anda bisa membuatnya cukup dengan menggunakan tujuh bahan saja. Berikut resepnya:
 
Bahan-bahan:
- 2 kentang ukuran sedang
- ¼ cangkir mentega, lelehkan menjadi 60 gram
- 1 cangkir (100 gram) keju parmesan parut, ditambah lagi untuk penyajian
- ½ sendok teh lada hitam
- 1 sendok makan bubuk bawang putih
- 1 sendok makan paprika
- 1 sendok teh garam
- Peterseli segar cincang, untuk hiasan
 
Alat:
- 2 tusuk sate ukuran tebal dan panjang
- Pisau tajam
 
Cara membuat kentang tornado:
  1. Panaskan oven sampai 160 derajat celsius. Jika tak ada oven gunakan wajan dan minyak goreng.
  1. Panaskan kentang dalam microwave selama satu menit, lalu biarkan dalam microwave selama beberapa menit agar dingin dan teksturnya lembut.
  1. Masukkan tusuk kayu dari bagian bawah kentang dan dorong perlahan sampai ke atas. Tusuk sampai posisi kentang berada di tengah.
  2. Setelah kentang ditusuk, potong kentang secara spiral dari satu sisi ke sisi lainnya. Usahakan agar irisan tidak putus, karena akan gagal membentuk tornado.
  1. Jika sudah terpotong spiral, renggangkan potongan kentang secara perlahan sampai terlihat celah antara setiap irisan kentang. Oleskan mentega cair ke seluruh kentang. Sisihkan.
  1. Dalam mangkuk lain, campurkan keju parmesan, merica, bubuk bawang putih, paprika, dan garam. Jika sudah, oleskan bumbu yang sudah diracik pada kentang secara merata.
  1. Letakkan kentang dengan hati-hati di atas loyang. Panggang selama 25 – 30 menit atau sampai berwarna kecokelatan. Anda juga bisa menggoreng kentang di minyak panas, jika tidak ada oven.
  1. Hiasi kentang yang sudah matang dengan tambahan keju parmesan dan peterseli. Biarkan dingin selama lima menit sebelum disajikan.

Share this article?

MUST SEE