CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Resep Mudah Membuat Chocolate Truffle di Rumah

By Eskanisa R

10 September 2020

Hanya butuh empat bahan untuk camilan yang buat ketagihan.

Sumber foto: The Kitchn
 
Chocolate Truffle diciptakan pertama kali oleh N Petrucelli di Chambery, Prancis di tahun 1895. Chocolate Truffle terbuat dari cokelat yang pada bagian tengahnya terdapat ganache (isian) yang kemudian dilapisi cokelat cair, bubuk cokelat atau kacang-kacangan yang sudah dihaluskan. Biasanya ganache atau isian chocolate truffle menggunakan melted chocolate, karamel, kacang badam dan yang populer liquer. Camilan ini terbilang sangat mudah dibuat, bahkan dengan empat bahan yang mudah didapat, Anda pun bisa mencobanya sendiri di rumah. Berikut bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya.
 
Bahan-bahan:
200 gram cokelat masak
100 ml susu evaporasi
2 sdm margarin
 
Pelapis:
100 gram cokelat masak
 
Pugasan:
Kacang badan sangrai secukupnya
 
Cara membuat:
1. Campur cokelat masak dengan susu evaporasi, masak menggunakan teflon anti lengket di atas api kecil sampai kedua bahan meleleh. Matikan api, masukkan margarin, aduk rata. Setelah dingin, simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 15 – 20 menit sampai bisa dibentuk.
2. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil sampai adonan habis. Simpan kembali di dalam kulkas selama 15 menit.
3. Masak air di dalam panci kecil, letakkan mangkuk anti panas di atasnya untuk melelehkan cokelat masak sebagai pelapis (di-tim), masak sampai cokelat cair.
4. Cincang kasar kacang badam, masak di atas api kecil sampai warna berubah.
5. Ambil bola-bola cokelat dari kulkas, celup satu per satu ke dalam lelehan cokelat masak sampai habis kemudian taburi kacang badam yang sudah disangrai. Sajikan dengan segelas teh atau kopi tanpa gula untuk melengkapi rasa manis cokelatnya.  
 
 

Share this article?

MUST SEE