CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Resep Odading Empuk yang lagi Viral

By Isny Dewi R

09 October 2020

Cara membuat odading goreng yang empuk dan mengembang sempurna.

Photo source: resepkoki.id
 
 
Kue odading atau roti goreng atau sering juga disebut kue bantal, mendadak begitu diminati masyarakat karena video odading jualan Mang Soleh atau Mang Oleh viral di media sosial. Kalau Anda tidak bisa mencicipi odading Mang Oleh karena lokasinya cukup jauh, Anda bisa membelinya di Jakarta karena banyak penjual yang menjajakan camilan ini. Tapi jika Anda tertarik membuat odading goreng sendiri, ada tips yang harus Anda perhatikan.
 
Dalam buku Roti Goreng Modern karya Albertin Hoesni, disebutkan bahwa kue odading dibuat menggunakan tepung terigu protein tinggi dan sedang. Tepung terigu protein sedang digunakan agar odading terasa empuk. Sedangkan tepung terigu protein tinggi digunakan agar odading dapat mengembang ke atas.
 
Sementara gula yang dibutuhkan dalam membuat adonan agar odading menjadi empuk, tidak boleh lebih dari 15 persen dari berat tepung. Selain itu, kuning telur dan telur utuh juga dapat membuat odading empuk. Hal ini karena kuning telur mengandung lecithin alami yang berfungsi sebagai zat pengemulsi, dan menambah volume roti. Bahan improver juga dapat membuat fermentasi lebih baik, serta membuat roti lebih empuk dan tahan lama.
 
Berikut resep odading goreng empuk dilansir dari buku Makanan Kaki Lima Paling Diminati - 25 Resep Gorengan oleh Dapur Alma:
 
Bahan-bahan:
 
- 350 gram tepung terigu protein tinggi
- 150 gram tepung terigu protein sedang
- 11 gram ragi instan
- 70 gram gula pasir
- 1/4 sdt bread improver (pelembut roti)
- 60 gram margarine
- 1/2 sdt garam
- 3 butir telur kuning
- 250 ml susu cair
 
Cara membuat:
 
  1. Campur tepung terigu protein tinggi dan sedang dengan gula, ragi, serta bread improver. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
 
  1. Tambahkan telur, susu cair, garam, dan margarin. Aduk adonan hingga menjadi kalis, lalu bulatkan.
 
  1. Diamkan adonan selama 45 menit hingga mengembang, buang gas dengan meninjunya.
 
  1. Potong dan timbang adonan masing-masing seberat 50 gram. Kemudian bentuk bulat, dan diamkan selama 10 menit.
 
  1. Goreng hingga kering dan berwarna kecokelatan.

Share this article?

MUST SEE