CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Saling Dukung Sesama Ibu Bersama Komunitas CERIA

By Isny Dewi R

22 January 2020

Komunitas CERIA berikan dukungan kepada sesama ibu.

Dukungan untuk menjadi orang tua yang baik bisa didapat dari mana saja, bisa dari pasangan, orang tua, keluarga, teman, bahkan sesama ibu lainnya yang tidak ada ikatan keluarga dengan Anda. Setidaknya itulah yang ingin dilakukan sebuah komunitas bernama, Komunitas CERIA (Cerita Ibu dan Anak).

Menurut sang pendiri, Nanan Nuraini atau biasa disapa Nunuy, Komunitas CERIA berawal dari keresahan yang ia rasakan sebagai seorang ibu. Nunuy yang menikah di usia muda dan sudah memiliki anak pada usia 21, membuatnya mulai merasakan kegelisahan. Meski dirinya merupakan lulusan dari Psikologi, tapi ia tetap merasa gelisah. Hingga Nunuy memutuskan untuk bertanya dan belajar dengan membeli buku-buku parenting.

Lalu, pada 11 Desember 2013, Nunuy memutuskan untuk mengumpulkan teman-teman melalui grup WhatsApp dan ia beri nama CERIA (Cerita Ibu dan Anak). Menurut Nunuy, siapa pun bisa bergabung dengan komunitas ini. Yang penting usia anak masih di bawah 2 tahun. Tapi karena usia Komunitas CERIA yang sudah lama, jadi ada beberapa ibu yang anaknya sudah berusia di atas 2 tahun, dan mereka dimasukkan ke dalam alumni Komunitas CERIA. Ibu-ibu yang sedang hamil juga boleh gabung ke komunitas ini.

Selain online, CERIA juga memiliki komunitas offline dan memiliki kegiatan, seperti mengadakan seminar dan training untuk para ibu. Sedangkan untuk online, komunitas ini sering mengadakan kuliah WhatsApp dengan berbagai macam topik.

Bagi Nunuy, CERIA tak hanya sebuah nama komunitas yang ia dirikan, tapi juga menjadi sebuah harapan bagi para anggotanya. Harapan agar setiap ibu apa pun profesinya bisa tetap ceria menjalani hidupnya.

Sebagai sebuah komunitas, tentunya banyak muncul berbagai opini. Untuk itu, Nunuy membuat aturan guna mencegah terjadinya konflik. Salah satunya pemilihan tema dalam berdiskusi. Yang boleh dilakukan anggota share informasi yang bermanfaat. Sementara yang tidak boleh dilakukan, share hal-hal tentang politik atau topik lainnya yang berpotensi mendukung konflik.

Ibu dua anak ini juga berharap agar komunitas yang ia dirikan ini bisa memberikan dampak yang baik bagi para anggotanya, serta bisa terus membantu para ibu di mana pun mereka berada, menjadi support group yang menguatkan, memotivasi, dan saling berbagi.

Website: ceritaibuanakblog.wordpress.com

Share this article?

MUST SEE