CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Selain Sidik Jari, Ini yang Membuat Masing-masing Manusia Unik

By Eskanisa R

03 January 2020

Bagian tubuh yang membedakan manusia satu dengan lainnya.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa setiap manusia memiliki sidik jari yang berbeda-beda bahkan kembar identik sekalipun. Dikutip dari Medical Daily, ada beberapa bagian tubuh lain yang membedakan Anda dengan 7,7 miliar jiwa di dunia.

1. Lidah

Tahukah Anda jika ukuran dan bentuk lidah setiap orang berbeda-beda. Seseorang diketahui memiliki benjolan kecil yang mengandung lebih dari 10.000 prasa pada lidahnya. Benjolan tersebut juga diisi dengan microvilli atau rambut mikroskopis. Selain sidik jari, pada sebuah penelitian, cetakan lidah berpotensi digunakan sebagai alat forensic biometrik.

2. Telinga

Yang membedakan telinga Anda dengan manusia lain adalah bentuk, termasuk lekukan pada daun telinga dan bagian tepi. Mark Nixon, ahli biometrik dari University of Southampton menunjukan bahwa 99.6% bentuk telinga sangat unik dan dapat membedakan seseorang dengan yang lain ketika dipindai. Nixon juga mengatakan bahwa usia tidak akan mengubah pola telinga seseorang, berbeda dengan sidik jari yang bisa berubah karena misal terluka. Perubahan akan terjadi pada daun telinga (sedikit menurun seiring bertambahnya usia), namun bentuk keseluruhannya tetap sama.

3. Iris Mata

Iris merupakan otot pada mata yang terletak di belakang kornea dan berfungsi untuk mengatur ukuran pupil sekaligus memberikan warna pada bola mata berdasarkan jumlah melatonin yang terkandung di dalamnya. Warna dan struktur iris terbentuk oleh DNA sejak berada di dalam rahim. Celah (lingkaran) iris pada setiap orang berbeda-beda disebabkan degenerasi membran jaringan yang melipat sebelum seseorang lahir. Hal tersebut yang membuat struktur unik iris terbentuk.

 

Share this article?

MUST SEE