CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Sembelit Menyiksa? Atasi dengan Makanan Kaya Serat Ini

By Eskanisa R

11 January 2021

Sebelum mengonsumsi obat pencahar, coba makanan berserat ini.

Sumber foto: The Times of India

Sukar buang air besar tentu menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Bahkan, jika hal ini sering terjadi dapat menimbulkan berbagai penyakit. Salah satu penyebab sembelit yang paling umum adalah gaya hidup dan makanan. 
Untuk mengatasi masalah kesehatan yang dapat menghampiri siapa saja ini secara alami, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan kaya serat seperti berikut ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Kiwi
Melansir lifestyle.kompas.com, American College of Gastroenterology yang menggelar pertemuan virtual mengungkapkan bahwa kiwi dapat membantu mengatasi sembelit kronis. Kiwi merupakan obat pencahar alami untuk mempercepat waktu (makanan) transit di usus. Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan, kiwi juga membantu tidur lebih lelap, menurunkan tekanan darah, dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Kacang Hijau
Serat dan magnesium dalam kacang hijau mampu memperlancar sistem pencernaan. Melansir Cleveland Clinic, mengonsumsi sedikitnya satu cangkir kacang hijau matang dapat mempermudah buang air besar.
 
3. Mentimun
Sayuran dengan kandungan air yang cukup tinggi ini baik untuk usus besar sehingga pada penderita sembelit mentimun bekerja sebagai pelunak feses dan meningkatkan gerakan usus agar buang air besar jadi lebih mudah.

4. Bayam
Sama seperti kacang hijau, bayam juga kaya akan serat dan magnesium untuk membersihkan usus besar dari ‘kotoran’ sekaligus mendorong pergerakan (usus besar) jadi lebih cepat.

5. Alpukat
Baik dikonsumsi dengan cara dijus atau dimakan langsung tanpa tambahan apapun, lemak baik dalam buah alpukat dapat melumasi usus sehingga melancarkan kotoran yang tersumbat. Selain berfungsi melancarkan BAB, alpukat juga mengandung vitamin B kompleks untuk menjaga kesehatan tulang.
 

Share this article?

MUST SEE