CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Soft Skill yang Wajib Dimiliki dan Dikembangkan Agar Sukses Berkarier

By Eskanisa R

12 May 2020

Sukses berkarier dengan memiliki kemampuan non-teknis ini.

Soft skill merupakan kemampuan yang juga harus Anda miliki dalam dunia kerja. Soft skill sendiri lebih mengutamakan kemampuan intra dan interpersonal guna menunjang hard skill (kemampuan teknis) yang Anda miliki. Berikut soft skill yang banyak dipertimbangkan oleh perusahaan dalam proses menyaring karyawan baru dan tentunya wajib Anda miliki serta kembangkan agar sukses dalam berkarier.

1. Komunikasi

Tidak sedikit perusahaan yang memilih karyawan berdasarkan keterampilannya dalam berkomunikasi dibanding pengalaman meski orang tersebut memiliki cukup banyak pengalaman.Bukan tanpa sebab perusahaan menyaring karyawan baru berdasarkan kemampuannya berkomunikasi. Karena saat bekerja, Anda tidak bekerja seorang diri tetapi bersama banyak orang. Hal tersebut tentu menuntut Anda untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Jika Anda tidak memiliki soft skill ini, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan dalam membangun relasi, berdiskusi, dan berkembang.

2. Kreatif

Hampir semua perusahaan akan mencari karyawan yang mampu berpikir out of the box. Dengan kata lain, mampu menelurkan ide-ide kreatif dan informatif. Biasanya, orang yang berpikir out of the box akan fokus pada pencarian solusi yang efektif dan efisien hingga mendapati hasil, bukan hanya mengeluh saat menghadapi sebuah permasalahan.

3. Adaptasi

Pada awalnya, setiap pekerjaan pasti terasa berat. Belum terbiasa dan ada begitu banyak hal yang harus dipelajari menjadi alasan mengapa sebuah pekerjaan terasa berat. Namun, jika Anda memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, Anda pasti bisa melewati masa sulit tersebut.

Selain beradaptasi dengan lingkungan (kerja) yang baru, Anda juga dituntut untuk bisa beradaptasi dengan waktu. Meski pekerjaan Anda tidak menuntut Anda untuk selalu berada di kantor Anda tetap harus pintar mengatur waktu untuk menjadikan pekerjaan sebagai prioritas utama. Sehingga Anda pun dapat memanfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang Anda inginkan, jangan sampai terbalik dan malah terlena. 

 

 

Top photo source: https://www.wikijob.co.uk/content/interview-advice/competencies/soft-skills  

Share this article?

MUST SEE