CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tahun Depan Android Nougat Tidak Bisa Akses Internet?

By Eskanisa R

22 December 2020

Kabar kurang menyenangkan untuk pengguna Android lawas.

Sumber foto: Pixabay

Pengguna Android lawas nampaknya harus segera memperbarui perangkatnya ke versi baru. Mengutip Android Police, Let’s Encrypt sebagai otoritas sertifikasi mengingatkan bahwa gawai yang sampai saat ini masih menjalankan OS Android 7.1.1 (Nougat) ke bawah tidak bisa mendapatkan sertifikasi mulai 11 Januari 2021.
 
Dengan kata lain, pengguna gawai Android lama tidak dapat mengakse situs yang sudah terverifikasi di 2021. Akses internet yang terbatas tentu merugikan pengguna Android lawas yang angkanya bisa dibilang masih banyak.
 
Let’s Encypt mencatat ada lebih dari 33 persen pengguna Android di seluruh dunia yang masih menjalankan OS Android di bawah 7.1.1 (Nougat). Vendor besar seperti Samsung pun mengantisipasi hal ini dengan memberikan pembaruan ke sistem operasi baru, mengingat sistem operasi 7.1.1 (Nougat) sendiri sudah diluncurkan sejak empat tahun lalu.
 
Meski demikian, beberapa gawai lama (yang dibeli sekitar 2016 – 2017) mau tidak mau harus terjebak dengan sistem operasi lama sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pembaruan (sistem operasi) dan jalan satu-satunya harus memperbarui perangkat ke versi yang lebih baru agar tetap bisa mengakses situs dengan enkripsi keamanan.
 

Share this article?

MUST SEE