CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Tak Hanya Kopi, 3 Minuman Ini Juga Ampuh Usir Kantuk

By Eskanisa R

17 November 2020

Cara alami dan sehat usir kantuk.

Sumber foto: Pixabay
 
Sejak dulu, kopi menjadi andalan banyak orang untuk mengusir rasa kantuk. Ini memang benar, karena kopi mengandung kafein yang bersifat stimulan, sehingga tubuh terasa lebih bertenaga dan meningkatkan konsentrasi.
 
Tapi bagaimana dengan orang-orang yang, tidak dapat minum kopi? Tahukah Anda ternyata ada beberapa minuman lain yang juga bisa menahan rasa kantuk? Bagi yang sedang mencari minuman pengganti kopi yang lebih menyehatkan, berikut rekomendasinya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Kombucha
Minuman hasil fermentasi teh ini mengandung lebih sedikit kafein dibanding kopi untuk membuat Anda tetap melek. Selain kafein, kombucha mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh seperti bakteri probiotik untuk memperlancar pencernaan, antioksidan untuk melawan radikan bebas, asam asetat sebagai antibakteri yang kuat dan polifenol yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker.

2. Yogurt
Baik dikonsumsi langsung atau diberi tambahan, yogurt ternyata cukup ampuh mengurangi rasa kantuk. Kandungan protein di dalamnya, mampu memberikan efek segar pada tubuh. Yogurt juga dapat membantu mengurangi rasa lelah, sehingga cocok dikonsumsi saat sedang beraktivitas. Selain itu, minuman ini juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan.

3. Smoothie
Terakhir, pilihan minuman yang lebih sehat untuk mengatasi rasa kantuk dibanding kopi adalah smoothie. Sayur maupun buah yang digunakan untuk membuat smoothie memberi manfaat lebih bagi tubuh, salah satunya adalah pisang. Magnesium, vitamin C, dan vitamin B6 dalam pisang memberikan energi instan untuk bekerja di siang hari.

Share this article?

MUST SEE