CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Menyaring Udara

By Isny Dewi R

09 November 2020

Tanaman indoor yang juga memiliki fungsi menyaring udara.

Photo source: Pexels
 
 
Apakah Anda ingin mencoba merawat tanaman hias untuk mempercantik rumah atau ruangan? Jika ya, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk merawat tanaman indoor yang juga memiliki fungsi menyaring udara. Mau tahu tanaman apa sajakah itu? Simak di bawah ini, ya!
 
1. Snake Plant
Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama Lidah Mertua. Snake Plant menjadi salah satu tanaman hias favorit karena perawatannya cukup mudah dan tidak perlu disiram tiap hari, sehingga cocok untuk pemula. Selain itu, tanaman ini juga memiliki bentuk yang unik dengan warna yang menarik dan bisa diletakkan di sudut rumah mana saja. Jenisnya pun beragam, ada yang bisa tumbuh hingga tinggi, ada jugayang mini. Sementara warnanya, ada yang berwarna hijau tua, tapi ada juga yang berpadu dengan warna kuning atau putih.
 
Menurut penelitian yang dilakukan NASA Clean Air Study tahun 1989, Lidah Mertua dapat bekerja sebagai penyaring udara. Tanaman ini bekerja membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daun-nya dan memproduksi oksigen. Uniknya, saat tanaman lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari, Lidah Mertua justru meneruskan memproduksi oksigen.
 
2. Sirih Gading
Tanaman dalam ruangan ini sempurna untuk Anda yang suka jenis tanaman merambat. Dengan warna hijau mengilap, Sirih Gading atau Golden Photos mampu menciptakan suasana teduh di rumah Anda. Anda bisa menanamnya di tanah maupun di air. Tanaman ini akan terlihat semakin cantik jika sudah menjuntai ke bawah. Menariknya lagi, Sirih Gading juga berfungsi untuk mengurangi gas polutan yang muncul dari tempat sampah dan tabung gas, serta mengurangi debu-debu yang menempel pada karpet atau sofa di rumah.
 
Golden Photos umumnya dijual dengan harga terjangkau. Perawatan tanaman hias indoor ini juga mudah, karena tidak perlu disiram setiap hari dan akan tetap tumbuh meski berada di tempat gelap, itulah alasannya mengapa ia memiliki nama lain Devil’s Ivy.
 
3. Peace Lily
Peace Lily memiliki daun berukuran kecil dan menyukai udara yang lembap dengan cahaya matahari secukupnya. Tanaman ini juga memiliki bunga berwarna putih yang akan muncul selama beberapa bulan saat musim semi. Tak hanya itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA menyebutkan bahwa Peace Lily bisa menyerap zat-zat berbahaya seperti benxene, formaldehyde, toluene, xylene, hingga karbon monoksida. Tanaman indoor ini juga dapat menyerap uap aseton berbahaya dan menjaga udara di sekitarnya tetap bersih.

Share this article?

MUST SEE