CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Tanaman untuk Anda yang Ingin Berkebun di Rumah

By Isny Dewi R

28 July 2020

Rekomendasi tanaman, baik tanaman sayuran maupun tanaman hias, yang mudah ditanam di rumah.

Photo source: Pixabay
 
 
Berkebun menjadi salah satu hobi atau aktivitas baru yang digemari masyarakat selama pandemi COVID-19. Selain dapat mempercantik rumah, berkebun juga memberikan manfaat lainnya di mana masyarakat bisa menstok kebutuhan sayurannya sendiri tanpa harus membeli. Bahkan sejumlah penelitian menemukan bahwa berkebun juga berdampak positif terhadap kesehatan mental.
 
Dikutip dari CNN Indonesia, pegiat hidroponik, Ika Ardhi mengungkapkan adanya peningkatan penjualan bibit tanaman selama pandemi. Hal itu juga ia rasakan sendiri di toko tanamannya, Pusat Tanaman Hias Citra Raya.
 
Jika Anda tertarik untuk mulai berkebun, berikut rekomendasi tanaman, baik tanaman sayuran maupun tanaman hias, yang mudah ditanam di rumah.

1. Kangkung
Kangkung menjadi jenis tanaman yang paling disukai masyarakat untuk ditanam di rumah, karena cara menanamnya yang mudah. Kangkung juga dapat tumbuh di mana pun dan tahan terhadap serangan hama.
 
"Kangkung itu kasarnya, ditanam tanpa pupuk pun tumbuh. Dimakan belalang, tidak lama, akan muncul tunas baru," kata Ardhi kepada CNN Indonesia.
 
Kangkung tergolong tanaman sayuran yang cepat tumbuh. Hanya butuh waktu sekitar 3 – 4 minggu untuk memanennya setelah Anda menyemaikan benih. Kangkung juga bisa Anda panen berkali-kali jika akarnya disisakan.
 
2. Sawi
Meski tak semudah kangkung, namun kelompok tanaman sawi seperti pakcoy atau caisim juga terbilang mudah ditanam oleh pemula. Namun, Anda harus bersabar menunggu tunas baru sawi, karena membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Sementara dalam kurun waktu tersebut, Anda sudah bisa memanen kangkung.
 
3. Bayam
Bayam termasuk tanaman sayuran dengan waktu panen yang cepat. Dari waktu semai, Anda bisa memanem bayam sekitar 30 – 40 hari. Namun, menurut Ardhi, merawat bayam terbilang gampang-gampang susah. Bayam rentan mengalami pembusukan. Hal itu disebabkan oleh jamur yang bisa tumbuh akibat peralatan berkebun yang tidak steril, air yang tidak disaring, dan kekurangan oksigen pada akar. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara mensterilkan instalasi hidroponik dan membuang tanaman yang sudah terinfeksi jamur.
 
4. Sansivera
Untuk jenis tanaman hias, Ardhi menyarankan untuk menanam Sansivera alias lidah mertua. Tanaman ini bisa ditanam pada media tanah dengan campuran pasir. Perawatannya juga mudah karena Anda tak perlu sering-sering menyiramnya.
 
5. Bambu Rezeki
Tanaman ini diberi nama “rezeki” karena mitosnya dapat memberikan keberuntungan. Bambu Rezeki sendiri tergolong tanaman hias yang bisa memberikan sentuhan unik jika diletakkan di dalam rumah Anda.
 
Tanaman ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Bambu Rezeki ukuran kecil biasanya diikat hingga membentuk silinder lalu diletakkan di atas meja. Sementara yang berukuran besar umumnya dianyam dan diletakkan di sudut ruangan.

Share this article?

MUST SEE