CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Tarif Baru Materai Rp10.000 Berlaku Mulai Awal Tahun Depan

By Eskanisa R

29 December 2020

Berlaku mulai 1 Januari 2021.

Sumber foto: idxchannel.com

Bea materai nominal Rp3.000 dan Rp6.000 digabung menjadi satu tarif, yakni Rp10.000 yang akan berlaku mulai 1 Januari 2021. Kebijakan baru tersebut mengganti Undang-undang (UU) sebelumnya, UU Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai.
 
Melansir finance.detik.com, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, mengatakan bahwa bea materai Rp3.000 dan Rp6.000 tidak sesuai dengan kondisi saat ini mengingat situasi perekonomian yang mengalami perubahan besar terutama di tiga tahun terakhir.
 
Pemerintah berharap dapat meningkatkan pendapatan negara di tengah pandemi COVID-19 melalui kebijakan tarif baru bea materai. Melansir harianindonesia.id, pemerintah akan memberlakukan ketentuan berdasarkan kebijakan baru tersebut, antara lain:
  • Biaya dokumen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bawah Rp 5 juta tidak perlu menggunakan materai untuk mengesahkan persetujuan.
  • Dengan berkembangnya teknologi informasi dan digital, penggunaan bea materai tetap dibutuhkan baik untuk dokumen kertas maupun digital.
  • Dalam rangka mendukung perjanjian internasional, pemerintah membebaskan ketentuan penggunaan bea materai untuk penanganan bencana alam dan kegiatan bersifat keagamaan dan sosial lain.
  • Sanksi administratif dan pidana untuk tindakan ketidakpatuhan pemenuhan pembayaran bea materai.
 

Share this article?

MUST SEE