CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Tata Cara untuk yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

By Isny Dewi R

13 Des 2019

Cara naik pesawat untuk yang baru pertama kali terbang.

Musim liburan tinggal menghitung hari, apakah Anda berencana pergi liburan jauh atau mungkin ke luar negeri? Jika ya, mungkin masih banyak dari Anda yang belum pernah naik pesawat sebelumnya dan masih bingung bagaimana langkah-langkah naik pesawat. Tenang saja! Karena Check In Jakarta akan bagikan langkah-langkah untuk Anda yang baru pertama kali naik pesawat. Yuk, disimak!

1. Cari Tahu Peraturan Bagasi
Saat berpergian, Anda pasti membawa barang-barang seperti tas atau koper lengkap dengan isinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari tahu tentang peraturan bagasi di maskapai yang Anda pilih, bukan tak mungkin masing-masing maskapai menerapkan kebijakan bagasi yang berbeda.

Cermati apakah maskapai Anda memberikan bagasi gratis, dan berapa berat maksimal bagasi per orang. Ini penting agar Anda tidak membawa bagasi yang berlebih sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lebih. Selain itu, Anda juga harus tahu barang apa saja yang diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat, dan apa saja yang tidak diperbolehkan.

2. Datang Lebih Awal
Jika Anda akan bepergian dengan pesawat, sangat dianjurkan untuk tiba di bandara satu atau dua jam lebih awal sebelum jadwal keberangkatan.Ini berlaku bagi siapa saja yang hendak naik pesawat. Datang lebih awal akan membuat Anda lebih tenang karena tidak akan tertinggal pesawat, dan bisa mempersiapkan segalanya sebelum masuk ke pesawat.

3. Mengetahui Terminal Keberangkatan
Ini juga menjadi poin terpenting. Terminal merupakan satu-satunya cara Anda bisa masuk ke dalam pesawat, jika sampai salah terminal maka akan sangat merugikan Anda. Jika Anda tidak tahu di mana terminal keberangkatan Anda, Anda bisa melihatnya di tiket. Untuk lebih yakin, Anda bisa menanyakan ke petugas di bandara, mereka akan dengan senang hati membantu Anda. Perlu diketahui, setiap keberangkatan dan kedatangan pesawat memiliki terminal yang berbeda.

4. Check-in
Langkah selanjutnya adalah check-in. Kini, Anda bisa melakukan check-in online di website maskapai pesawat Anda. Tapi jika Anda masih ragu, Anda bisa melakukan check-in manual di counter. Caranya sangat mudah, datangi counter check-in pesawat yang akan Anda naiki, lalu tunjukkan tiket dan identitas diri seperti KTP atau paspor jika Anda akan pergi ke luar negeri. Setelah check-in, Anda akan mendapatkan boarding pass yang nantinya harus Anda tunjukkan untuk bisa naik ke pesawat.

5. Naik Pesawat
Setelah check-in dan mendapatkan boarding pass, Anda diharuskan masuk ke ruang tunggu untuk menunggu pesawat. Anda bisa melihat gate mana yang harus Anda datangi untuk menunggu pesawat di dalam boarding pass Anda. Jangan lupa juga untuk memerhatikan waktu keberangkatan dan boarding time!

Saat pesawat sudah tiba, siapkan KTP Anda untuk boarding ke pesawat. Naik lah ke pesawat dan duduk di kursi dengan nomor yang tercantum di boarding pass Anda. Jangan sampai salah kursi ya!

6. Dengarkan Instruksi dari Kru Kabin
Jika sudah di dalam pesawat, dengarkan baik-baik instruksi dari para cabin crew. Jika Anda membawa barang ke kabin, pastikan semua bawaan Anda sudah berada di tempatnya. Jika Anda mengalami kesulitan memasukan barang ke cabin, jangan sungkan untuk meminta bantuan para kru kabin. Perhatikan juga setiap gerakan yang dipraktekan, agar Anda betul-betul memahami apa yang harus dilakukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Mengambil Barang di Bagasi
Setelah pesawat mendarat, jika Anda menitipkan barang di bagasi, maka Anda harus mengambilnya di tempat pengambilan bagasi, dengan terlebih dulu mencocokkan nomor penerbangan Anda atau kota asal Anda dengan informasi yang tertulis di layar setiap belt agar tidak salah tempat.

Cek kembali nomor bagasi berupa stiker yang biasanya ditempelkan ke boarding pass dan diberikan saat check-in. Ingat lagi dan cek kembali barang apa saja yang Anda titipkan di bagasi, agar tidak tertukar dengan milik penumpang lain atau jika ada barang yang hilang Anda bisa langsung melapor.

Namun, jika Anda tidak menitipkan barang saat check-in di bandara, maka Anda bisa langsung keluar dan tak perlu mampir ke Baggage Claim. Ingat, jika Anda masih ragu, jangan sungkan meminta bantuan ke petugas di bandara. Selamat menikmati penerbangan Anda!

Image by pixabay.com/users/Skitterphoto

Share this article?

MUST SEE