CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Telemedicine, Cara Aman Konsultasi Medis Secara Daring

By Eskanisa R

29 September 2020

Dapatkan informasi dan pelayanan medis jarak jauh dengan teknologi ini.

Sumber foto: SecurityRoundTable

Mengingat angka kasus positif COVID-19 yang terus meningkat, tidak bosan-bosannya pemerintah mengimbau masyarakat untuk beraktivitas dari rumah saja. Tidak terkecuali masyarakat yang membutuhkan akses pelayanan kesehatan.
 
Untuk mencegah risiko penularan virus COVID-19, masyarakat diminta untuk tidak berkunjung ke rumah sakit atau puskesmas dan beralih pada layanan Telemedicine. Melansir laman resmi Satgas Penanganan COVID-19, Telemedicine di Indonesia telah memiliki 12 layanan perusahaan kesehatan digital yang tergabung dalam Indonesia Telemedicine Association atau Atensi termasuk Telemedicine Indonesia (Temenin) yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan.
 
Untuk dapat mewujudkan akses kesehatan daring yang terjangkau, Telemedicine Indonesia (Temenin) melayani empat bidang utama, yakni Radiologi, USG, Elektrokardiografi dan Konsultasi. Sebanyak 58 rumah sakit (status pengampu) dan 171 rumah sakit (status diampu) se-Indonesia (12 provinsi di tahun 2019) telah ikut serta dalam layanan telemedicine ini dan sudah terkoneksi satu sama lain.
 
Melalui pelayanan yang disediakan oleh Telemedicine Indonesia (Temenin) masyarakat bisa berkomunikasi dengan tenaga kesehatan seputar masalah kesehatan yang sedang dialami. Dengan demikian, masyarakat bisa melakukan pertolongan pertama, mendapatkan pengetahuan seputar prosedur medis sederhana yang bisa dilakukan di rumah hingga mengetahui hasil laboratorium secara tepat (jika proses berjalan normal).
 

Share this article?

MUST SEE