CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Tetap Bugar Meski #dirumahaja dengan Alat Ini

By Eskanisa R

31 March 2020

Olahraga di rumah jadi lebih menyenangkan dengan alat ini.

Larangan untuk tidak keluar rumah selama pandemi COVID-19 ini juga berimbas pada aktivitas olahraga yang biasa dilakukan di luar ruangan atau di pusat kebugaran. Namun, meski sedang #dirumahaja, bukan berarti Anda tidak dapat berolahraga. Anda bisa mulai membiasakan diri berolahraga di rumah misalnya melakukan yoga, Zumba, atau yang paling sederhana, sit-up. Agar semakin semangat berolahraga di rumah, Anda perlu mempertimbangkan memiliki tiga perlengkapan sederhana ini.

1. Matras

Salah satu perlengkapan olahraga serbaguna ini tidak hanya dapat digunakan sebagai pijakan agar tubuh tetap seimbang (tidak licin) selama yoga, namun bisa juga digunakan sebagai alas yang nyaman untuk sit-up, push-up, back-up, aerobik maupun squat.

2. Dumbbell (Barbel)

Dumbbell merupakan versi ringan dari alat angkat beban yang biasa Anda jumpai di pusat kebugaran. Dumbbell berbentuk tongkat besi pendek yang bisa dipegang dengan satu tangan. Bobotnya pun beragam, dari yang paling ringan 0,5kg hingga yang paling berat 10kg. Dumbbell bisa digunakan sebagai pelengkap squat atau aerobik agar lebih maksimal.

3. Resistance Band

Resistance band merupakan perlengkapan olahraga serbaguna yang terbuat dari karet elastis untuk melatih kekuatan otot. Tingkat elastisitas-nya pun beragam, mulai dari yang rendah hingga tinggi.

Untuk yang tingkat rendah atau yang paling ringan dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan. Sementara yang menengah atau tinggi (paling berat) dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot bagian bawah tubuh seperti paha. Stay at home and happy workout!

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/

 

Share this article?

MUST SEE