CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Agar Tidak Lemas saat Puasa

By Isny Dewi R

05 May 2020

Tips yang bisa Anda terapkan agar tidak mudah lemas selama berpuasa, mulai dari saat sahur hingga berbuka.

Selama berpuasa, kita tidak diperbolehkan makan dan minum. Tak ada asupan yang masuk selama 13 jam berpuasa tak jarang membuat tubuh lemas dan kantuk. Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tidak mudah lemas selama berpuasa, mulai dari saat sahur hingga berbuka, diolah dari berbagai sumber.

1. Jangan Lewatkan Sahur
Jika diibaratkan, sahur adalah waktu sarapan Anda selama berpuasa, jadi sangat dianjurkan untuk melakukannya. Sahur membantu kadar cairan dalam tubuh senantiasa terjaga, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh agar tetap dapat beraktivitas selama berpuasa.

Meski demikian, Anda juga dianjurkan untuk memperhatikan asupan yang tepat saat sahur, seperti bergizi seimbang, serta mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat, dan tinggi protein. Kandungan-kandungan tersebut memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga kenyang lebih lama, selain itu juga dipercaya dapat membantu menyediakan tenaga bagi tubuh.

Karbohidrat kompleks bisa Anda dapat dari kacang-kacangan dan gandum. Sementara makanan tinggi serat bisa didapat dari kurma, sayur dan buah, gandum utuh, kentang, hingga biji-bijian. Sedangkan makanan tinggi protein bisa diperoleh dengan mengonsumsi telur, keju, yogurt, atau daging.

2. Minum Cukup Air
Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air serta mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, sayur dan buah. Kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi saat sahur dan berbuka, agar tubuh tetap terhidrasi dan mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

3. Olahraga di Waktu yang Tepat
Jika Anda hobi olahraga, selama berpuasa disarankan untuk melakukannya setelah berbuka puasa untuk menghindari dehidrasi pada tubuh. Setelah berbuka puasa, tubuh akan kembali dalam kondisi terbaiknya dan Anda pun diperbolehkan untuk minum setelah berolahraga.

Tunggu sekitar 2-3 jam setelah makan, untuk mulai berolahraga, agar tubuh dapat mencerna makanan dengan sempurna. Jangan lupa banyak minum air baik saat maupun setelah berolahraga, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

4. Konsumsi Makanan Sehat saat Sahur dan Buka Puasa
Perlu diingat, selama berpuasa, kita hanya memiliki sedikit waktu untuk makan dan minum. Itu artinya, kita hanya memiliki sedikit waktu untuk memberikan asupan sehat bagi tubuh. Menjaga pola makan saat sedang berpuasa tidak hanya dapat memberikan manfaat jangka pendek untuk kesehatan, tapi juga mampu memberikan manfaat dalam jangka panjang, di antaranya membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, jantung, dan obesitas.

Top photo credit: pixabay.com/users/Serdar_A-225571

Share this article?

Place/Address:

Tips Agar Tidak Lemas saat Puasa

MUST SEE