CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Aman Naik Pesawat di Tengah Pandemi COVID-19

By Isny Dewi R

26 June 2020

Photo source: Pixabay
 
 
Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat di seluruh dunia berhenti bepergian untuk sementara. Meski begitu, masih ada sebagian lainnya yang harus terbang untuk kepentingan mendesak atau darurat. Ya, bepergian memang terasa menakutkan saat ini. Tetapi bagi Anda yang masih harus melakukannya, ada cara untuk membuat perjalanan Anda aman bagi diri Anda dan orang lain. Jadi jika Anda harus bepergian menggunakan pesawat di tengah pandemi COVID-19, berikut tips aman yang bisa Anda terapkan.
 
1. Hindari Transportasi Umum
Hal penting yang harus Anda lakukan di tengah pandemi COVID-19 adalah menghindari kerumunan, jadi jauhi segala transportasi umum jika Anda bisa. Anda bisa meminta anggota keluarga yang serumah dengan Anda untuk mengantar Anda ke bandara. Jika Anda terpaksa menggunakan transportasi umum dalam bentuk apa pun, kenakan masker dan usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh permukaan di tempat umum.
 
2. Kenakan Masker
Bahkan jika Anda tidak menunjukkan gejala, ada kemungkinan Anda dapat tertular virus corona. Untuk melindungi diri Anda dan orang lain, pakailah masker untuk menutupi hidung dan mulut saat berada di tempat umum. Saat mengenakan masker, usahakan untuk tidak menyentuhnya sebelum Anda mencuci tangan.
 
3. Check-In Online, Unduh Mobile Boarding Pass, dan Gunakan Carry-On Suitcase
Selama pandemi, kita dianjurkan untuk tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain. Untuk itu, Anda dapat memeriksa penerbangan Anda secara online dan mengunduh boarding pass ke ponsel Anda, memungkinkan interaksi yang lebih sedikit dan tidak perlu menyerahkan tiket.
 
Untuk melewati interaksi dengan desk agent dan mencegah tas Anda disentuh banyak orang, pilihlah tas jinjing daripada koper. Saat berada di bandara dan saat naik, usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya enam kaki dari orang lain.
 
4. Rutin Mencuci Tangan dan Bawa Hand Sanitizer
Pada setiap tahap perjalanan Anda — tiba di bandara, melewati keamanan, dan setelah turun dari pesawat — sebisa mungkin langsung mencuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika kesulitan mencari sabun dan air, gunakan hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol.
 
Bandara-bandara besar biasanya sudah menyediakan tempat mencuci tangan atau hand sanitizer yang disiapkan untuk para pelancong. Selain itu, bawalah tisu pembersih untuk membersihkan permukaan apa pun yang harus Anda sentuh, seperti sandaran tangan di pesawat.
 
5. Bawa Makanan dan Botol Air Minum
Sebagian besar maskapai telah menghentikan atau membatasi layanan makanan dan minuman pada penerbangan untuk menghindari interaksi yang tidak perlu. Dan meskipun masih ada beberapa restoran yang menyediakan take-out, lebih baik membawa makanan sendiri dari rumah. Demikian pula dengan minum, bawalah botol air minum yang dapat digunakan kembali yang bisa Anda isi ulang di stasiun pengisian ulang.
 
6. Tetap Duduk
Semua maskapai tentunya sudah melakukan pembersihan menyeluruh dan filter udara hampir selalu ada di sebagian besar pesawat, virus pun tidak mudah menyebar di dalam pesawat. Namun, Anda masih dapat berisiko tertular virus corona, terutama jika Anda duduk dalam jarak dekat dengan seseorang yang terinfeksi.
 
Banyak maskapai penerbangan memperbolehkan para penumpang untuk duduk di tempat yang jauh secara sosial di pesawat jika itu bisa dilakukan, dan bahkan beberapa maskapai telah menghalangi kursi tengah untuk saat ini. Untuk meningkatkan keamanan Anda, pilih lah tempat duduk dekat jendela dan tetap duduk sepanjang penerbangan, sehingga membatasi paparan Anda terhadap orang lain dan permukaan.

Share this article?

MUST SEE