CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Bisnis dari Drama Korea Start-Up

By Isny Dewi R

30 November 2020

Start-Up kini tengah menjadi salah satu drama Korea yang sangat populer karena jalan ceritanya dianggap sesuai dengan kehidupan para pekerja di dunia startup.

Photo source: mydramalist.com
 
 
Bagi Anda pencinta drama korea atau drakor pasti sudah tidak asing lagi dengan serial berjudul Start-Up. Drakor ini bercerita tentang kehidupan para pelaku usaha rintisan atau yang lebih dikenal dengan istilah startup.
 
Start-Up kini tengah menjadi salah satu drama Korea yang sangat populer karena jalan ceritanya dianggap sesuai dengan kehidupan para pekerja di dunia startup. Selain itu, serial ini juga memberikan banyak informasi yang bisa Anda jadikan pembelajaran untuk mengetahui seluk-beluk dunia startup. Berikut di antaranya:
 
  1. Tentukan Model Bisnis Sebelum Membangun Startup
Drakor ini mengikuti cerita Nam Do San (Nam Joo Hyuk), seorang pria pendiri startup bernama Samsan Tech. Sayangnya, perusahaan rintisannya belum pernah meraup untung secara bisnis. Selama dua tahun, Do San dan kedua sahabatnya hanya fokus pada pengembangan teknologi, dan kurang memikirkan model bisnisnya secara matang. Walhasil, mereka kesulitan dalam mencari investor untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.
 
Model bisnis yang dijalankan Do San dan kawan-kawan dianggap tidak menarik bagi investor. Kemampuannya di bidang teknologi memang andal, namun Do San dinilai tidak memiliki visi yang jelas untuk perusahaannya.
 
  1. Membutuhkan CEO yang Andal
Do San dinilai bukan sosok CEO atau pemimpin yang baik. Hingga akhirnya kursi kepemimpinan diganti oleh orang lain, meski Nam Do San pendiri Samsan Tech. Menguasai teknologi saja tidak cukup untuk bisa memimpun sebuah perusahaan. Seorang CEO juga harus mahir dalam menjajaki kesepakatan investasi dengan calon investor, mencari peluang bisnis, strategi bisnis, dan mengatasi kondisi krisis.
 
Karakter CEO yang dicari ternyata ada pada Seo Dal Mi (Bae Suzy). Dal Mi merupakan seorang mahasiswi putus kuliah karena sibuk bekerja paruh waktu. Meski begitu, ia bercita-cita ingin sukses seperti Steve Jobs. Dalam cerita drakor Start-Up, Dal Mi akhirnya bertemu dengan Do San dan menjadi CEO di SamSan Tech.
 
  1. Investor Harus Terlibat Prosesnya
Start-Up juga menceritakan seorang pengusaha lain bernama Han Ji Pyeong (Kom Seon Ho), CEO SH Venture Capital dengan kemampuan investasi yang tinggi.
 
Ji Pyeong ternyata sudah mahir berinvestasi sejak ia masih kecil. Dalam mengembangkan bisnisnya, Ji Pyeong lebih memilih untuk mengejar return on investment dari perusahaan startup yang ia danai.
 
“Jika mau ikut berproses dengan para founders, investasi di perusahaan start up pasti seru banget,” terang Perencana Keuangan Prita Ghozie dalam posting-an Instagram-nya beberapa waktu lalu.
 
Dalam drama Start-Up, Ji Pyeong berperan sebagai investor yang andal dan penuh strategi. Ia tidak pernah sembarangan dalam menyokong dana untuk startup.

Share this article?

MUST SEE