CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Membangun Karier Cemerlang di Tahun 2021

By Isny Dewi R

11 January 2021

Hal-hal yang harus Anda fokuskan di tahun 2021 untuk mendapatkan kembali karier yang cemerlang.

Photo source: Pexels
 
 
Tahun 2020 telah membawa perubahan dramatis pada pasar tenaga kerja dan cara kita bekerja karena adanya pandemi COVID-19. Dan jika Anda termasuk pekerja yang terdampak, maka tahun 2021 ini adalah momen yang tepat untuk menghidupkan kembali karier cemerlang Anda.
 
Meskipun tahun 2020 dipenuhi dengan ketidakpastian, namun kita tidak boleh sepenuhnya mengabaikan pelajaran yang diberikan tentang cara kita memilih bekerja, saran Tracy Timm, penulis buku "Unstoppable: Discover Your True Value, Define Your Genius Zone, dan Drive Your Dream Career."
 
"Apa yang Anda pelajari dari kebingungan massal ini, dan bagaimana Anda bisa menerapkannya dalam hidup dan karier Anda ke depan," katanya.
 
Mungkin Anda belajar bahwa Anda berkembang dari berkat interaksi sosial dari kolega Anda untuk membantu bertukar pikiran dan berpikir lebih kreatif. Atau Anda lebih produktif di rumah daripada yang Anda kira. Prioritaskan lah hal-hal tersebut. Ini tentang apa yang Anda butuhkan agar bahagia dan berkelanjutan secara profesional, kata Timm.
 
Berikut hal-hal yang harus Anda fokuskan di tahun 2021 untuk mendapatkan kembali karier yang cemerlang, dilansir dari CNN:
 
1. Think Big, Plan Small
Tidak apa-apa untuk berpikir besar tentang apa yang ingin Anda capai di tahun baru, tetapi pecahkan tujuan menjadi langkah-langkah yang lebih kecil.
 
"Ambil langkah bertahap," kata Peggy Caruso, pelatih pengembangan pribadi dan eksekutif. "Begitu Anda mengambil langkah kecil dan mencapainya, itu adalah motivator."
 
Jadi, jika tujuan Anda adalah mendapatkan promosi, rencanakan peta jalan Anda menuju judul baru. Misalnya: memimpin dua proyek baru, membawa sejumlah klien baru, mengambil kelas kepemimpinan, dan lain sebagainya.
 
2. Hidupkan Kembali Jaringan Anda
Cara standar untuk memperluas jaringan profesional Anda, seperti konferensi, acara industri, dan pameran dagang, semuanya terpaksa dibatalkan pada tahun 2020. Dan karena banyak peluang karier datang dari siapa yang Anda kenal, inilah saatnya untuk merevitalisasi jaringan Anda.
 
Kini, semua acara berlangsung secara virtual, jadi cobalah untuk memeriksa organisasi profesional yang berlaku dan asosiasi alumni sekolah untuk setiap meet & greet online yang mereka selenggarakan, dan jelajahi situs web jaringan, seperti LinkedIn atau Meetup, untuk pertemuan virtual.
 
Memperkenalkan diri Anda bisa menjadi bagian tersulit dari jaringan. Itulah mengapa Caruso menyarankan agar Anda menyempurnakan kemampuan presentasi Anda ketika seseorang bertanya.
 
Memperluas jaringan memang penting, tetapi meluangkan waktu untuk memperbarui jaringan Anda yang sudah ada juga tak kalah penting. Hubungan yang kita miliki dengan rekan kerja juga penting, mereka dapat membantu produktivitas, keterlibatan, dan kepuasan secara keseluruhan. Tetapi tidak memiliki waktu tatap muka secara teratur dapat melemahkan hubungan tersebut.
 
3. Temukan Seorang Mentor
Seorang mentor dapat memberikan wawasan, membuat koneksi dan menawarkan kepercayaan diri saat segala sesuatunya menjadi sulit.
 
"Tidak harus seseorang yang kamu kenal," kata Caruso. "Tentukan apa yang ingin Anda capai dan pikirkan, siapakah orang yang telah melakukan ini?"
 
Setelah Anda mengidentifikasi orang tersebut, undang mereka untuk melakukan percakapan di mana Anda dapat menjelaskan secara rinci mengapa Anda memilih mereka, apa yang Anda cari dan pekerjaan apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan dalam hubungan tersebut.
 
4. Tetapkan Kembali Batasan
Ketika pekerjaan dan kehidupan terjadi di bawah satu atap, keseimbangan menjadi tidak ada. Dan itu dapat dengan cepat menyebabkan kelelahan profesional. Tetapkan batasan dengan atasan, keluarga, dan diri Anda sendiri dengan menjelaskan saat Anda aktif dan tidak aktif.
 
"Saat Anda pulang kerja, jadilah saat ini," kata Caruso. "Saat Anda keluar dari [kantor pusat] berpura-pura pulang dan mengundang diri Anda sendiri untuk makan malam. Matikan telepon, putuskan hubungan kerja, dan ingatlah bahwa keluarga membutuhkan momen bersama untuk membicarakan hari itu."
 
5. Pelajari Keterampilan Baru
Mempelajari keterampilan baru dapat memberikan energi kembali, sekaligus meningkatkan resume. Ada banyak kursus online yang tersedia yang dapat membantu kemajuan karir, baik untuk mempelajari hard skill, seperti meningkatkan kemampuan bahasa pemrograman, atau mengasah soft skill, seperti mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif.

Share this article?

MUST SEE