CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Memotret di Malam Hari Menggunakan Smartphone

By Eskanisa R

08 December 2020

Foto malam hari tidak lagi sulit dengan langkah ini.

Sumber foto: Pixabay
 
Kamera mungkin jadi salah satu hal yang dipertimbangkan sebelum membeli sebuah ponsel. Terlebih, saat ini, hampir semua ponsel menawarkan fitur low light photography atau night mode yang memungkinkan kamera dapat diandalkan untuk mengambil gambar di malam hari meski minim cahaya. Terlepas dari fitur tersebut, Anda tetap bisa mengambil foto yang bagus dalam keadaan gelap dengan mengikuti tips yang kami lansir dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Exposure
Pada dasarnya, untuk mengambil sebuah gambar, kamera membutuhkan cahaya. Cahaya yang masuk akan memengaruhi kualitas dan hasil gambar. Hampir semua smartphone saat ini sudah dibekali fitur mode pakar atau pro pada menu kamera. Dalam fitur tersebut, terdapat tiga elemen yang bisa Anda atur untuk menghasilkan foto dengan exposure yang bagus, yaitu ISO, aperture, dan shutter speed.
 
ISO merupakan komponen untuk mengatur sensitivitas kamera terhadap cahaya. Pada kondisi minim cahaya, dibutuhkan ISO tinggi untuk mengangkap lebih banyak cahaya yang dibutuhkan lensa (kamera) saat mengambil gambar. Meski objeknya lebih terlihat, namun semakin tinggi ISO yang digunakan, maka semakin banyak pula noise (bisa berupa bercak atau butiran) yang dihasilkan.
 
Sementara, Aperture atau dikenal juga sebagai bukaan lensa merupakan komponen untuk mengatur besar kecilnya diafragma (lensa) saat mengambil objek (gambar). Semakin lebar bukaan lensa, semakin banyak cahaya yang masuk sehingga memungkinkan untuk mengambil objek dalam kondisi minim cahaya.
 
Terakhir ada shutter speed atau kecepatan yang dibutuhkan shutter untuk terbuka. Semakin lama shutter terbuka untuk menangkap objek (gambar), semakin terang gambar yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin singkat shutter terbuka, maka semakin gelap gambar yang dihasilkan.

2. Tripod
Aksesoris tambahan ini memiliki peran penting saat memotret long exposure. Sebab, pada saat memotret, membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk hasil yang diinginkan. Agar posisi kamera tetap stabil, tidak goyang, disarankan untuk menggunakan tripod mini dengan bentuk yang lebih praktis untuk disimpan dan dibawa kemana saja.

3. Cahaya Tambahan
Untuk memaksimalkan hasil foto yang diambil pada malam hari, Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis cahaya tambahan, seperti flash yang diberi tisu atau kertas untuk memfilter cahaya, selfie ring light, atau backlighting dengan mengambil cahaya apapun yang berada di belakang objek foto.
 

Share this article?

MUST SEE