CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Mencari Kerja saat Pandemi COVID-19

By Eskanisa R

30 April 2020

Cara dapatkan pekerjaan baru di tengah pandemi Corona.

Selama pandemi COVID-19, tidak sedikit pekerja yang kehilangan mata pencahariannya. Padahal tidak dapat dipungkiri, jika masyarakat membutuhkan pendapatan lebih di tengah situasi seperti sekarang ini untuk memenuhi kebutuhan mereka. Meski demikian, jangan putus asa, bukan berarti tidak ada kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru. Berikut tips mencari kerja di tengah pandemi COVID-19.

1. Rutin Mengirim Lamaran

Pandemi COVID-19 tentu bukan halangan untuk tetap mencari kerja dan mengirim lamaran. Beruntung, ada banyak aplikasi lowongan kerja yang memudahkan Anda untuk melamar pekerjaan secara online. Maksimalkan internet untuk mencari lowongan kerja. Kirim lamaran secara rutin ke berbagai perusahaan yang membuka lowongan, baik melalui e-mail, website resmi perusahaan yang Anda minati atau aplikasi lowongan kerja.

2. Cari Pekerjaan Digital

Tidak sedikit perusahaan yang saat ini mulai beralih ke dunia digital. Sebagai contoh, admin, social media specialist, digital marketing dan pekerjaan digital lainnya yang kini tengah dibutuhkan banyak perusahaan. Sambil menunggu hasil, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan mengembangkan kemampuan di bidang pekerjaan digital.

3. Tanyakan Kebijakan Perusahaan

Jika Anda mendapatkan kesempatan interview baik secara online maupun offline, cobalah tanyakan kebijakan perusahaan terkait dengan pandemi. Apakah bisa bekerja dari rumah? Atau kebijakan lainnya yang terkait dengan keselamatan dan peruntungan Anda di perusahaan tersebut selama pandemi.

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/

 

Share this article?

MUST SEE